Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HK Garap Proyek Jalan Baru di Tulungagung, Nilainya Rp 201 Miliar

Kompas.com - 05/08/2023, 18:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mendapat kepercayaan menggarap proyek baru Pekerjaan Jalan Lot 1A Brumbun-P. Sibe di Tulungagung, Jawa Timur.

Dalam proyek ini, Hutama Karya berkolaborasi dengan PT Gala Karya melalui KSO Hutama-Gala, dengan porsi Hutama Karya 70% dan Gala Karya 30%.

Penandatanganan kontrak telah dilaksanakan di Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali pada Senin (31/07/2023) lalu.

Baca juga: Tiga Ruas Jalan Rusak di Kawasan Penyangga IKN Dipersolek, Mana Saja?

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan, proyek senilai Rp 201,63 miliar ini akan dibangun selama 730 hari kalender dan ditargetkan rampung pada tahun 2025 mendatang.

Manfaat jangka panjang dengan kehadiran Jalan Lot 1A Brumbun-P. Sibe ini akan berdampak pada pertumbuhan investasi dan peningkatan perekonomian yang terintegrasi dan berkelanjutan.

"Tentunya hal ini akan memberikan manfaat yang sangat positif bagi masyarakat sekitar serta dapat mengakomodir pengembangan jalan lintas selatan wilayah Jawa bagian selatan, memudahkan jalur logistik serta peningkatan sektor pariwisata di Jawa dan Bali," ujar Tjahjo dikutip dari laman Hutama Karya.

Dia menjelaskan, dalam proyek ini Hutama Karya bertanggung jawab pada pekerjaan tanah (cut & fill), pekerjaan struktur, dan pekerjaan aspal dengan total penanganan pekerjaan sepanjang 9,5 km.

"Dalam konstruksinya, akan diterapkan sejumlah metode kerja dengan dominan penggunaan alat berat konstruksi, mempercepat pekerjaan struktur agar pekerjaan finishing dapat segera dimulai dan melakukan review design sehingga dapat memastikan bahwa pekerjaan akan dilaksanakan secara efisien dan efektif," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com