Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Dana Rp 1,5 Miliar, Hutama Karya Bangun Jalan Wisata di Sumut

Kompas.com - 04/08/2023, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) melaksanakan Program Infrastruktur Masuk Desa di dua kabupaten Sumatera Utara (Sumut).

Kedua jalan tersebut di antaranya Jalan Jasa Lingkungan Pariwisata sepanjang 665 meter di Desa Ronggung Ni Huta, Samosir, dan Jalan Usaha Tani sepanjang 720 meter di Desa Tara Bintang, Humbang Hasundutan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, ini merupakan implementasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang masuk dalam rangkaian 82 Program Pemberdayaan Masyarakat Perhutanan Sosial Lintas Kementerian dan BUMN tahap 1 di Sumut.

Untuk pembangunan kedua jalan ini, Hutama Karya telah menyiapkan dana senilai Rp 1,5 miliar.

“Pembangunan jalan kami bagi menjadi dua tahap. Untuk tahap pertama yakni di Desa Tara Bintang akan kami garap hingga akhir tahun 2023. Selanjutnya, tahap 2 di desa Ronggur Ni Huta dengan target rampung tahun 2024,” ujar Tjahjo dalam rilis, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Berkat Dua Tol Baru, Lalin Tol Hutama Karya Naik 7 Persen

Dalam proses pembangunan kedua akses jalan desa ini, imbuh Tjahjo, Hutama Karya berkomitmen membangun dengan kualitas baik. Sehingga, akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar.

Dia berharap, hadirnya kedua jalan akses ini diharapkan dapat meningkatkan minat pariwisata di Pulau Samosir serta produktivitas hasil tani di Kabupaten Humbang Hasundutan.

"Kolaborasi BUMN ini nantinya dapat menunjang akses penggerak perekonomian dan sosial masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari,” terang dia.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor mengungkapkan, sebagai penerima manfaat salah satu program TJSL perseroan, dirinya menyampaikan apresiasi atas program yang memiliki ragam manfaat ini.

“Hadirnya jalan ini memang dibutuhkan dan kami harapkan dapat mendorong roda perekonomian wilayah kami,” tutup Dosmar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com