Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Perumahan Subsidi di Kalsel Dapat Bantuan Akses Jalan

Kompas.com - 02/08/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 15 perumahan bersubsidi yang tersebar di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah mendapatkan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bantuan PSU berupa akses jalan lingkungan tersebut diharapkan dapat mendorong semangat pengembang membangun rumah bersubsidi yang berkualitas.

Selain itu, menunjang aktivitas bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar memiliki hunian layak.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto memastikan hal ini dikutip dari siaran persnya, Rabu (2/8/2023).

“Kami menyalurkan bantuan PSU untuk mendorong pengembang lebih banyak membangun rumah bersubsidi. Kami ingin rumah bersubsidi masyarakat tidak hanya memiliki kualitas bangunan yang baik, tapi juga lingkungan tempat tinggal yang nyaman,” katanya.

Baca juga: Duet Sinarmas Land dan Astra Land Garap Perumahan 80 Hektar di Cibubur

Menurut Iwan, adanya PSU dalam perumahan baik komersial maupun bersubsidi merupakan kelengkapan fisik yang mendukung terwujudnya perumahan yang sehat, aman, nyaman dan terjangkau.

PSU jaringan jalan lingkungan ini diharapkan dapat melengkapi kebutuhan dasar fisik yakni, tempat tinggal yang layak dan berfungsi dengan baik.

Ke-15 perumahan di Kalsel yang mendapat bantuan PSU dari pemerintah pusat ini adalah Perumahan Shalli Messi Manarap, Berkat Pesona Sungai Lulut, Fitria Jaya Residence.

Selain itu, perumahan Villa Mahantas, Anisah Regency, Griya Anisah Permai II, Griya Azzam, Villa Sunny Residence, dan Green Sunny Estate.

Lalu, Berkat Pesona Karang Taruna II, Rizky Tanjung Regency Tahap II, Bumi Barokah, Batulicin Town House, Buana Mega Residence, serta Pondok Bidadari Asri II.

Berdasarkan data BP2P Kalimantan II, penyaluran bantuan PSU Tahap I dilaksanakan sejumlah wilayah di antaranya Kota Banjarmasin (152 unit), Kabupaten Banjar (248 unit), dan Kabupaten Barito Kuala (154 unit).

Selanjutnya, Kabupaten Tanah Laut (68 unit), Kabupaten Tabalong (88 unit), Kabupaten Tanah Bumbu (217 unit), maupun Kabupaten Hulu Sungai Selatan (53 unit).

Untuk tahap II, akan diberikan bantuan PSU lagi di Kalsel sebanyak 825 unit rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com