Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Tabrakan KA Brantas Vs Truk Semarang, KAI Pastikan Perjalanan Kembali Normal

Kompas.com - 19/07/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf kepada semua pelanggan atas gangguan perjalanan kereta api yang terjadi pada Selasa (18/7/2023) pukul 19.32 WIB.

Pada waktu tersebut, telah terjadi temperan antara KA 112 Brantas relasi Pasar Senen-Blitar dengan truk tronton pada JPL 6 Km 1+523 petak Jalan Jerakah-Semarang Poncol yang mengakibatkan lokomotif KA 112 terbakar.

Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko menyampaikan, pada pukul 22.18 WIB, salah satu jalur KA sudah berhasil dilakukan normalisasi.

“Bakalan truk tronton yang menghalangi jalur hilir kereta api sudah dievakuasi. Sehingga, perjalanan KA dapat kembali normal,” ungkap Ixfan dikutip dari laman KAI, Rabu (19/7/2023).

Untuk jalur satunya yakni yang di hulu, saat ini sedang proses evakuasi dengan membebaskan lokomotif dari bakalan sisa truk yang ada di depan lokomotif.

Baca juga: Mau Liburan Bareng Sahabat Pakai Angkutan Rombongan KAI? Ini Syaratnya

KA 112 Brantas sudah diberangkatkan kembali dari Stasiun Jerakah pukul 22.23 WIB dengan keterlambatan yang terjadi sebanyak 147 menit.

Meski jalur sudah dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, masih terdapat beberapa KA yang mengalami keterlambatan karena menunggu antrean.

Saat ini, terdapat 10 KA lainnya yang mengalami keterlambatan, yaitu KA 178 Kamandaka sebanyak 126 menit, KA 199F Kaligung 140 menit, dan KA 111 Brantas 86 menit.

Kemudian, KA 129 Gumarang 115 menit, KA 220 Kertajaya 87 menit, KA 20F Argo Merbabu 107 menit, KA 160 Joglosemarkerto 74 menit, KA 58 Brawijaya 66 menit, KA 125 Harina 2 menit, dan 200F Kaligung 2 menit.

Ixfan menuturkan, seluruh jajaran KAI terus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menormalkan kembali semua jadwal perjalanan kereta api.

Kaat dia, KAI selalu berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA.

Selain itu, KAI juga melakukan evakuasi menggunakan bus dan minibus selama terjadinya gangguan kepada se mua pelanggan yang perjalanan KA nya terganggu.

Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI juga memberikan servis recovery berupa minuman dan makanan ringan kepada para pelanggan yang perjalanan KA-nya terdampak.

"KAI memohon maaf kepada semua pelanggan kereta api atas keterlambatan yang terjadi. Saat ini KAI sedang berupaya secara maksimal agar jalur KA dapat dilalui normal dan perjalanan kereta api kembali normal," tutup Ixfan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com