Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik LRT Jabodebek, Dukuh Atas-Jati Mulya Cuma 50 Menit

Kompas.com - 17/07/2023, 15:05 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba LRT Jabodebek tengah dilaksanakan mulai 12 Juli 2023-15 Agustus 2023.

Uji coba dilakukan untuk memastikan kemantapan transportasi umum tersebut sebelum diresmikan dan dibuka untuk umum.

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com pada Minggu (15/7/2023), dengan LRT Jabodebek, penumpang dari Stasiun Dukuh Atas bisa tiba di Stasiun Jati Mulya, Bekasi hanya dalam waktu 50 menit.

Pada uji coba tersebut, perjalanan dimulai dari Stasiun LRT Dukuh Atas pada pukul 09.30 WIB dengan tujuan akhir Stasiun Jati Mulya di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Satu rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong melaju dengan kecepatan 70 kilometer per jam melewati 14 stasiun, meliputi Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, Halim, Jati Bening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Baca juga: Usai Diuji Coba Terbatas, Ini Pekerjaan Rumah LRT Jabodebek

Kemudian kereta tiba di Stasiun LRT Jati Mulya pada pukul 10.20 WIB. Artinya, waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jati Mulya adalah sekitar 50 menit.

LRT JabodebekKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani LRT Jabodebek
Lalu rombongan pindah peron dan kembali masuk ke kereta dari Stasiun Jati Mulya pukul 10.30 WIB menuju Stasiun Dukuh Atas dengan waktu tiba tepat pukul 11.20 WIB.

Kereta berhenti di setiap stasiun, kecuali Stasiun Halim. Adapun Stasiun Halim akan mengintegrasikan LRT Jabodebek dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Penumpang LRT Jabodebek juga bisa menyaksikan Stasiun KCJB Halim dan lintasan KCJB yang masih terus digeber kesiapannya.

Selama perjalanan, terdapat 2 orang cleaning service yang menyapu dan mengepel lantai kereta setiap awal keberangkatan.

Juga terdapat 3 orang security dan 1 orang intendant yang bertugas mengontrol lajunya kereta sesekali waktu.

Interior kereta didominasi warna putih tulang untuk dinding, warna biru untuk kursi penumpang, warna abu-abu untuk handgrip penumpang, dan warna hijau untuk lantai.

Selain rute Dukuh Atas-Jati Mulya yang masuk dalam Lintas Bekasi, ada juga rute Dukuh Atas-Harjamukti yang masuk dalam Lintas Cibubur.

Untuk Lintas Cibubur, sejumlah stasiun yang dilewati, antara lain Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, dan Harjamukti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com