Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2023, 13:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) tengah melaksanakan proyek lanjutan MRT Jakarta, yakni CP 201 Bundaran HI-Harmoni.

Sementara 3 stasiun baru di dalam CP 201 ini adalah Stasiun Thamrin, Stasiun Monas dan Stasiun Harmoni.

Ditargetkan MRT Jakarta bisa melaju dari Stasiun Bundaran HI hingga tembus ke Stasiun Harmoni pada 2027 mendatang.

Per 25 Mei 2023, progres pembangunan Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas telah mencapai 57,4 persen.

Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pengecoran dinding platform, pekerjaan bore pile untuk launching shaft box jacking entrance Jalan Museum, pembesian atap ventilation tower.

Lalu ada pekerjaan dinding ruangan dalam gardu induk dan stasiun, pekerjaan backfill gardu induk, pemasangan soldier pile untuk entrance 1 dan ventilation tower 1, pemasangan pipa hydrant stasiun, dan pemasangan saluran ventilasi stasiun.

Baca juga: Fitur Belanja Easygo MRT Jakarta Cocok buat Anda yang Super Sibuk

Sedangkan di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi penggalian dan pengecoran roof slab, penggalian dan persiapan pengecoran concourse slab sisi selatan stasiun, serta pemasangan waterproofing pada roof slab sisi selatan dan utara stasiun.

Per 25 Mei 2023 pula, mesin bor terowongan 1 (TBM-1) telah berhasil dimobilisasi ke Stasiun Monas untuk melanjutkan pengeboran terowongan southbound menuju Stasiun Harmoni.

Di sisi lain, mesin bor terowongan 2 (TBM-2) telah memulai pembangunan terowongan northbound menuju Stasiun Harmoni dan telah berhasil membangun sepanjang sekitar 624 meter (416 ring).

Sebagai informasi, proyek CP 201 MRT Jakarta merupakan bagian dari proyek lanjutan MRT Jakarta Fase 2A Bundaran HI-Kota.

Untuk CP 202 terbentang dari Harmoni-Mangga Besar dengan progres proyek 13,99 persen dan CP 203 dari Mangga Besar-Kota 34,54 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com