Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Kereta dari Stasiun Gambir Tak Lagi Ribet, Cukup Pindai Wajah

Kompas.com - 18/05/2023, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna jasa kereta api yang hendak melakukan perjalanan dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir kini tidak perlu menyetak boarding pass dan menunjukkan KTP.

Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta telah menerapkan teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Gambir yang dapat dimanfaatkan mulai Rabu (17/5/2023).

Saat ini terdapat 4 Boarding Gate dengan teknologi Face Recognition di area hall selatan Stasiun Gambir.

Teknologi ini dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui pindah wajah yang sudah diintegrasikan dengan data di sistem KAI.

Untuk dapat menikmati fasilitas tersebut pelanggan cukup melakukan satu kali registrasi yang berlaku seterusnya, termasuk saat berada di stasiun lain dengan fasilitas Face Recognation Boarding Gate.

Di Stasiun Gambir proses registrasi dapat dilakukan di mesin Check In Counter (CIC) atau melalui petugas layanan khusus yang berada di area hall selatan.

Proses registrasi tidak dapat diwakili dan pelanggan cukup membawa e-KTP. Caranya adalah pelanggan harus menempelkan e-KTP ke perangkat reader dan menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri ke pemindai yang ada di e-KTP reader.

Baca juga: Menhub Akan Kaji Peluang Hidupkan Lagi Jalur Kereta Api di Madura

Setelah itu, pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika boarding sudah dapat dilakukan.

Pelanggan hanya perlu mengarahkan wajah ke mesin pemindai. Apabila data tiket, identitas dan syarat lain sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka.

Selain di Stasiun Gambir, fasilitas ini sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang dan Solo Balapan.

Sementara bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP, seperti pelanggan anak atau e-KTP nya dalam keadaan rusak, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui petugas layanan yang tersedia.

Sebagai langkah antisipasi, KAI masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Gambir.

Penerapan Face Recognition Boarding Gate diharapkan mampu mempermudah pelanggan dalam melakukan perjalanan karena proses boarding akan jauh lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com