Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HK Ngebut Bereskan Dua Seksi Tol Padang-Pekanbaru, Ini Progresnya

Kompas.com - 16/05/2023, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) tengah mengejar penyelesaian dua seksi dari ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang yakni seksi Bangkinang-Koto Kampar dan Padang-Sicincin.

Secara rinci, progres konstruksi Tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer telah mencapai 75,13 persen dan 90,72 persen untuk progres pengadaan lahan.

Sementara, progres pengadaan lahan Tol Seksi Padang-Sicincin dengan panjang mencapai 36,6 kilometer kini sudah mencapai 85,82 persen. Sedangkan progres konstruksi mengalami kemajuan mencapai 36,57 persen.

Baca juga: Hutama Karya Prediksi Masih Ada Pergerakan Trafik Kendaraan Malam Ini

Menurut Direktur Operasi III Koentjoro, dari total enam seksi, perseroan telah mengoperasikan Tol Pekanbaru-Bangkinang pada September 2022 dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Januari 2023 lalu.

"Selain itu, Tol Bangkinang-Koto Kampar dan Padang-Sicincin tengah dikejar penuntasannya agar dapat sesuai target rencana,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/5/2023).

Sementara tiga seksi Tol Padang-Pekanbaru lainnya, Sicincin-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, dan Payakumbuh-Koto Kampar akan dilaksanakan pada tahap IV pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Jalan tol Bangkinang-Koto Kampar nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur di antaranya 13 box underpass, 9 box pedestrian, 7 main bridge, 4 overpass, dan 1 barrier gate, 2x2 jumlah lajur dengan kecepatan  encana mencapai 80 kilometer per jam.

Pembangunan jalan tol tersebut ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023 mendatang. Sedangkan Tol Padang-Sicincin, nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung dari segi struktur.

Mulai dari 24 main bridge, 21 box underpass, 2 gerbang tol (GT), hingga dua rest area di Km 23A dan 23B. 

Dari sisi konstruksi, akan dimaksimalkan progres pembangunannya pada saat kondisi cuaca cerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com