Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Nihil Pasokan Hotel Baru, Pengelola Fokus "Rebranding" dan "Upgrading"

Kompas.com - 04/05/2023, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasokan hotel di Jakarta tidak mengalami penambahan pada Kuartal I-2023. Artinya, jumlah kamar masih tetap.

Hal itu berdasarkan keterangan pers Leads Property bertajuk Jakarta Property Market Insight Q1-2023, yang diterima Kompas.com pada Kamis (04/05/2023).

Associate Director Research & Consultancy Department PT Leads Property Services Indonesia, Martin Samuel Hutapea menyampaikan, tidak ada tambahan hotel pada Kuartal I-2023, sehingga total pasokan kumulatif mencapai 55.842 kamar.

Tren saat ini lebih ke arah rebranding dari operator sebelumnya, ataupun upgrade segmentasi. Rebranding merupakan salah satu strategi hotel untuk meningkatkan posisi mereka di pasar.

"Terkadang rebranding maupun upgrade segmentasi dapat berpengaruh kepada penambahan atau pengurangan jumlah kamar atau bahkan tetap jumlahnya," jelas Martin Samuel Hutapea.

Baca juga: Tiga Bulan Pertama 2023, Investasi Hotel Tembus Rp 7,95 Triliun

Pada dua bulan pertama Kuartal I-2023, terdapat sekitar 243.000 kunjungan mancanegara atau sekitar 7,3% lebih tinggi ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Meskipun jumlahnya masih belum sebanyak pada dua bulan pertama tahun 2020 atau sebelum merebaknya pandemi Covid-19.

Kuartal pertama pada umumnya tergolong sepi dalam hal pengadaan kegiatan MICE. Oleh karena itu tingkat hunian secara keseluruhan sedikit turun 1,93 basis poin menjadi 58,2%.

Selain itu, Average Daily Rate (ADR) juga sedikit menurun sebesar 0,9% secara keseluruhan, yakni Rp 1,35 juta per malam.

"Penurunan tingkat hunian hotel Kuartal I-2023 ini hanya bersifat musiman. Kemungkinan akan Kembali meningkat hingga akhir tahun 2023 ini oleh karena giatnya aktifitas Bisnis dan pariwisata," tukas Martin Samuel Hutapea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com