Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 5 Hari Jelang Lebaran, 433.000 Kendaraan Lintasi Tol Cipali

Kompas.com - 18/04/2023, 17:26 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali mencatat, sebanyak 88.000 kendaraan melintasi Tol Cipali pada Senin (17/4/2023).

Sehingga, total kendaraan yang melintas sejak H-10 hingga H-5 periode arus mudik Lebaran 2023 sebanyak 433.000 kendaraan di Tol Cipali.

Kepala Divisi Operasi Tol Cipali Sri Mulyo memprediksi, Selasa, 18 April 2023 akan terjadi peningkatan volume lalu lintas (lalin) sebesar 4 persen atau sebanyak 106.000 kendaraan melintas.

"Dengan adanya peningkatan volume kendaraan yang melintas, Astra Tol Cipali bersama dengan Korlantas Polri pada Senin, 18 April 2023 mulai memberlakukan one way (satu arah) di Tol Cipali Km 72 arah Jakarta sejak pukul 14:52 WIB-00:00 WIB," ucapnya dalam rilis, Selasa (18/4/2023).

Baca juga: Arus Lalin Tol Cipali Mulai Padat, Menuju Cisumdawu Ramai Lancar

Menurut Sri, jadwal pemberlakukan satu arah ini masih bisa berubah sesuai dengan kondisi arus lalu lintas (lalin) di lapangan.

Astra Tol Cipali juga mengantisipasi terjadinya kepadatan di beberapa titik Tol Cipali akibat laka lantas (kecelakaan lalu lintas) yang disebabkan oleh kurangnya antisipasi dari para pengemudi karena kondisi fisik yang sudah mulai lelah dan tidak fit.

"Untuk menjaga agar kondisi lalu lintas tetap lancar selama periode arus mudik dan balik lebaran 2023, perusahaan mempercepat respons time petugas layanan lalu lintas," ucap dia.

Selain itu untuk laka yang bersifat ringan, petugas layanan lalu lintas Astra Tol Cipali segera mengevakuasi kendaraan keluar gerbang tol terdekat agar situasi lalin tidak tertutup dalam waktu lama.

Perusahaan mengimbau kepada para pengguna jalan untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan kondisi fisik agar tetap prima sebelum melakukan perjalanan.

"Apabila sudah mengemudi selama 4 jam, segera berhenti di rest area terdekat atau keluar gerbang tol terdekat untuk dapat berisitirahat dengan maksimal," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com