Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Tol Desari Seksi Antasari-Sawangan Terapkan Sistem Terbuka, Simak Tarif Barunya

Kompas.com - 20/03/2023, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi Antasari-Andara-Brigif-Krukut-Sawangan kini telah menerapkan sistem terbuka.

Hal itu sesuai Keputusan Menteri PUPR No 326/KPTS/M/2023, mulai 18 Maret 2023 pukul 00.00 WIB Jalan Tol Depok-Antasari Seksi Antasari-Andara-Brigif-Krukut-Sawangan memberlakukan sistem terbuka.

Pemberlakukan sistem terbuka untuk satu tarif tol pada Seksi Antasari-Sawangan merubah dari sistem sebelumnya yakni sistem terbuka pada Seksi Antasari-Andara-Brigif dan sistem tertutup dengan tarif tol sesuai panjang jarak tempuh pada Seksi Brigif-Krukut-Sawangan.

"Dengan diberlakukannya perubahan sistem pentarifan menjadi terbuka ini sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi sistem transaksi Jalan Tol Depok-Antasari Seksi Andara-Sawangan," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dikutip dari laman BPJT.

Baca juga: Tarif 4 Jalan Tol Naik Tahun Ini, Cek Daftarnya

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja yang juga Juru Bicara Kementerian PUPR mengatakan, dengan perubahan sistem pengumpulan tol menjadi sistem terbuka (satu tarif), maka pengguna jalan hanya melakukan satu kali tapping/transaksi tol di Gerbang Tol keluar untuk tujuan Jakarta menuju Depok atau di Gerbang Tol masuk untuk tujuan Depok menuju Jakarta.

"Perubahan sistem terbuka ini juga upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan transaksi jalan tol," katanya.

Perubahan sistem pengumpulan tol dari sistem terbuka ini secara resmi juga memberlakukan tarif baru.

Pengguna jalan dari arah Depok ke Jakarta, akan melakukan pembayaran saat di pintu gerbang masuk Sawangan 4, Krukut 4, Brigif 4, dan Andara 4, dengan tarif:

  • Gol I: Rp 13.500
  • Gol II dan III: Rp 20.000
  • Gol IV dan V: Rp 27.000

Sedangkan untuk pengguna jalan dari arah Jakarta ke Depok akan melakukan pembayaran saat di pintu gerbang keluar Andara 1, Brigif 1, Krukut 1, dan Sawangan 1, dengan tarif:

  • Gol I: Rp 13.500
  • Gol II dan III: Rp 20.000
  • Gol IV dan V: Rp 27.000

Baca juga: Simak, Ini Titik-titik Krusial Kepadatan Jalan Tol saat Mudik 2023

Adapun Gerbang Tol Krukut 3 dan Gerbang Tol Krukut 5 yang terintegrasi dengan Tol Cinere-Jagorawi dengan tarif :

  • Gol I: Rp 13.500 + Rp 9.000
  • Gol II dan III: Rp 20.000 + Rp 13.500
  • Gol IV dan V: Rp 27.000 + Rp 17.500

Jika pengguna jalan dari Depok menuju Jakarta dan akan melanjutkan perjalanan menuju jalan tol JORR-S, maka melakukan tapping/pembayaran tarif tol JORR pada Gerbang Cilandak Utama 2.

"Layanan transaksi berupa transaksi (pembayaran) tol cukup satu kali diharapkan dapat mereduksi panjang antrean sebelum transaksi di gerbang tol," pungkas Direktur PT Citra Waspphutowa Dionisius Widijanto.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com