Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Asia Pasifik, Singapura Catatkan Investasi Real Estat Komersial Terbaik

Kompas.com - 16/02/2023, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Singapura menjadi negara di Asia Pasifik dengan capaian investasi real estat komersial terbaik pada tahun 2022.

Sebagaimana merujuk data dan analisis dari konsultan real estat global Jones Lang LaSalle (JLL) dalam rilis pers diterima Kompas.com pada Rabu (15/02/2023).

Singapura menjadi pasar dengan kinerja terbaik di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2022 dengan kenaikan total nilai investasi real estat komersial sebesar 53 persen secara tahunan.

Singapura berhasil menarik investasi langsung senilai 14,2 miliar dollar AS atau setara Rp 215,9 triliun yang didukung kuatnya aktivitas pasar pada semester pertama dan transaksi portofolio ritel yang cukup besar pada Desember.

Baca juga: Investasi Real Estat Asia Pasifik Turun 27 Persen pada 2022

Sementara di negara Asia Pasifik lainnya, Hong Kong juga mengalami peningkatan daya tarik pasca melonggarnya pembatasan Covid-19.

Meskipun nilai investasi setahun penuhnya 7,7 miliar dollar AS atau setara Rp 117 triliun, menurun dari tahun ke tahun sebesar 24 persen.

Di sisi lain, Korea Selatan menjadi pasar investasi paling aktif pada tahun 2022 dengan transaksi mencapai 26,2 miliar dollar AS atau setara Rp 398,4 triliun, meskipun mengalami penurunan 11 persen secara tahunan.

Berikutnya, China meraup investasi sebesar 24,8 miliar dollar AS atau setara Rp 377 triliun, turun 37 persen secara tahunan. Didorong oleh peningkatan aktivitas pada kuartal keempat 2022.

Kelanjutan rebound pada kuartal keempat juga meningkatkan volume investasi di Jepang menjadi 24,7 miliar dollar AS atau setara Rp 375,6 triliun, turun 40 persen dari tahun 2021.

Sementara di Australia, masih bergulat dengan ketidaksinambungan antara ekspektasi pembeli dan penjual, mencatatkan penurunan investasi sebesar 38 persen secara tahunan menjadi 20,9 miliar dollar AS atau setara Rp 317,8 triliun.

Untuk diketahui, pada tahun 2022, realisasi investasi langsung di sektor real estat komersial Asia Pasifik mencapai 129 miliar dollar AS atau setara Rp 1.956,5 triliun.

Nominal itu mengalami penurunan sebesar 27 persen (dari tahun ke tahun) di tengah siklus suku bunga yang mengetat dan ketidakpastian ekonomi global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+