Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Beli Saham KCI, MRT Jakarta Tunggu Keputusan PSO

Kompas.com - 26/01/2023, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta dikabarkan akan mengakuisisi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Menanggapi hal ini, Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat membenarkan bahwa pihaknya akan membeli sebagian saham PT KCI.

"Saya lebih enak menyebutnya pembelian sebagian saham PT KCI ya," kata Tuhiyat dalam Forum Jurnalis di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Rencana ini dilatarbelakangi oleh Rapat Terbatas (ratas) Presiden pada 8 Januari 2019. Dalam ratas tersebut, diputuskan untuk mengintegrasikan transportasi publik di Jabodetabek dengan satu otoritas.

Saat ini PT MRT Jakarta tengah menunggu keputusan terkait beban Public Service Obligation (PSO) yang akan ditanggung oleh Pemerintah.

"Kalau ratas mengatakan tanpa syarat diberikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, tetapi tidak demikian dalam implementasinya karena PT KCI ada nilai ekonomi," imbuh Tuhiyat.

Oleh karena itu ada tahap kajian dengan konsultan dengan hasil nilai tertentu yang sudah hampir disepakati.

Baca juga: KAI Bakal Bangun Area Parkir Sepeda di Stasiun KRL, Ini Rancangannya

Tuhiyat menegaskan bahwa saham yang akan dibeli khusus untuk Commuterline di wilayah Jakarta saja, sementara untuk Solo-Yogyakarta tetap akan dikelola oleh PT KCI.

Ditargetkan penentuan beban PSO dan pembelian saham bisa beres pada tahun 2023, mengingat rencana sudah dikemukakan sejak 3 tahun lalu.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta disebut mengalokasikan anggaran akuisisi PT KCI senilai Rp 100 miliar dalam APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2023.

Adapun pada awalnya anggaran untuk akuisisi ini adalah sebesar Rp 500 miliar. Namun, mengingat pembahasan dari kedua pihak masih berlangsung, anggaran yang dimasukkan ke dalam penyertaan modal daerah (PMD) untuk MRT Jakarta itu dipangkas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com