Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 10,2 triliun pada kuartal III-2022 atau tumbuh 23,7 persen dibanding periode yang sama 2021.

Angka tersebut dikontribusi oleh pendapatan tol Rp 9,3 triliun yang naik 22,6 persen dan pendapatan usaha lain Rp 892,1 miliar atau naik 36,3 persen.

Artinya, kinerja Jasa Marga bertumbuh positif dan mendorong kenaikan laba bersih yang berhasil sebesar 34,4 persen.

Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas Perseroan.

Selain itu, EBITDA Jasa Marga mengalami pertumbuhan sebesar 20,3 persen seiring dengan peningkatan kinerja pendapatan tol.

Baca juga: Pangkas Utang Rp 23 Triliun, Waskita Lego Saham 5 Jalan Tol

Begitu juga dengan realisasi EBITDA Margin yang mencapai 63,3 persen dengan beroperasinya sejumlah ruas tol baru dan upaya efisiensi oleh Jasa Marga.

Sementara dalam rangka mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan, sepanjang tahun 2022 Jasa Marga melanjutkan program asset recycling sebagai bagian dari strategi korporasi untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan kesinambungan bisnis.

Saat ini Jasa Marga tengah menyiapkan program equity fundraising melalui PT JTT sebagai tindak lanjut rencana Perseroan untuk mendapatkan pendanaan baru berbasis ekuitas.

Di sisi lain, Jasa Marga mengelola total 50 persen jalan tol operasi di seluruh Indonesia atau sepanjang 1.260 kilometer dari total konsesi jalan tol yang dimiliki sepanjang 1.809 kilometer.

Jasa Marga juga terus berkomitmen untuk mencapai target proyek jalan tol pada periode 2022-2025 dengan tetap mengendalikan aktivitas konstruksi dan membangun secara bertahap.

Baca juga: Hingga 2025, Waskita Berencana Jual Saham 5 Jalan Tol

Beberapa proyek jalan tol yang dimaksud di antaranya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk Paket III Sukabungah-Sadang dan Paket II Setu-Sukabungah, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri untuk Seksi Kediri-Kertosono, Jalan Tol Bogor Ring Road untuk Seksi Simpang Semplak-Junction Salabenda.

Kemudian, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi untuk Seksi Probolinggo-Besuki, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Jalan Tol Gedebage-Cilacap untuk Seksi Gedebage-Garut Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+