Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Strategi Basuki Atasi Longsor Jalur Sitinjau Lauik di Sumbar

Kompas.com - 04/11/2022, 13:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR melakukan penanganan longsor di kawasan Sitinjau Lauik yang merupakan bagian ruas Jalan Nasional Kota Padang ke arah Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun telah meninjau lokasi untuk memastikan bahwa longsor di Sitinjau Lauik ini dapat segera ditangani dengan baik, Rabu (02/11/2022).

Menurut dia, Kementerian PUPR akan fokus membenahi kondisi tebing yang longsor secara ofensif, bukan sekedar membersihkan material longsoran.

Pertama, pihaknya akan melakukan pemetaan secara detil. Karena kemungkinan besar pemicunya ada kandungan air yang besar, bukan hanya hujan.

Baca juga: Sempat Terganjal Pembebasan Lahan, Tol Padang-Sicincin Dilanjutkan

"Jadi kita perlu atur sistem drainasenya. Untuk dua bulan ini, saya minta Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar untuk mendesain, sehingga pada tahun 2023 bisa kita mulai tangani," ujar Basuki dikutip dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Selain itu, Menteri PUPR itu juga meminta Kepala BPJN Sumbar untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh hingga ke atas tebing untuk mengetahui penyebab longsor.

Baca juga: Cara Basuki Atasi Longsor di Jalur Kebun Kopi Sulteng

"Tolong dicek kondisi bagian atas terlebih dulu untuk tahu penyebab longsornya. Jangan hanya menggunakan drone. Lakukan inovasi terkait pencegahan agar tidak terjadi longsoran, seperti pemasangan jaring dan penghijauan/vegetasi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com