Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Kampung Susun yang Dibangun Pemprov DKI Jakarta, Mana Saja?

Kompas.com - 26/08/2022, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lewat Jakhabitat tengah membangun beberapa kampung susun untuk masyarakat.

Dilansir dari unggahan Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta, saat ini tengah dibangun Kampung Susun Akuarium Tahap 2 sebanyak 3 blok dengan 134 unit hunian.

Kemudian, juga tengah dibangun Kampung Susun Bayam sebanyak 3 blok dengan 123 unit hunian.

Sementara itu, yang sudah selesai dibangun adalah Kampung Susun Akuarium Tahap 1 sebanyak 2 blok dan 107 unit.

Lalu, ada Kampung Susun Kunir sebanyak 1 blok dengan 33 unit hunian yang dikabarkan segera diresmikan.

Baca juga: Kampung Susun, Solusi Ahli Belanda untuk Jakarta

Selain itu, ada Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung sebanyak 3 blok dengan 75 unit hunian seluas 36 meter persegi yang baru saja diresmikan pada Kamis (25/8/2022).

Peresmian tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2022.

Dengan demikian, total kampung susun yang akan terselesaikan pembangunannya pada tahun 2022 adalah 12 blok dengan 472 unit hunian.

Kembali membahas mengenai peresmian Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, hunian vertikal tersebut diperuntukkan bagi warga eks Bukit Duri yang terkena dampak program normalisasi Sungai Ciliwung.

Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung berdiri di lahan HPL nomor 4 milik UPK PPUKMP Jalan Kp. Pulo Jahe-PIK Pulogadung, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Pembangunan ini merupakan hasil perencanaan penataan kampung lewat kegiatan community action plan (CAP) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Normalisasi Kali Ciliwung Terkendala Akses Jalan Masuk Alat Berat

Selain itu, pembangunan kampung susun tersebut juga berkolaborasi dengan warga dan pemangku kepentingan.

Penghuni disediakan fasilitas kamar tidur, mezanin, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, balkon, dan ruang usaha atau produksi di setiap unit.

Suasana Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Jalan Kavling DPR Kampung Pulo Jahe, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, pada Kamis (25/8/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Jalan Kavling DPR Kampung Pulo Jahe, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, pada Kamis (25/8/2022).
Karenanya, penghuni kampung susun berkesempatan mengembangkan produktivitas ekonomi rumahan dari unit huniannya.

Konsep hunian adalah produktif tumbuh yang dihadirkan dengan pembagian ruang privat sebesar 21 meter persegi dan ruang usaha sebesar 15 meter persegi.

Beberapa sarana prasarana lingkungan lainnya meliputi sarana ibadah, kafe kebun/roof garden di lantai atap, jalur pedagang kaki lima, ruang serbaguna di tiap lantai, sanggar, area komersial di lantai dasar, ruang terbuka hijau, dan area parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com