Kompas.com - 10/08/2022, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI masih terus melakukan persiapan jelang pengoperasian LRT Jabodebek. Salah satunya dengan menyiapkan kelengkapan Depo LRT Jabodebek.

Penyiapan itu untuk kepentingan menyimpan, memeriksa, merawat, dan memperbaiki sarana LRT beserta komponen pendukungnya.

Depo LRT Jabodebek berlokasi di Kecamatan Bekasi Timur, Kabupaten Bekasi, dengan luas sekitar 100.000 meter persegi.

Difungsikannya Depo tersebut agar sarana LRT Jabodebek selalu terjaga keandalannya. sehingga menghasilkan operasional LRT Jabodebek yang aman, nyaman dan selamat.

Saat ini area Depo yang sudah siap digunakan adalah area Mesin Bubut Roda Jenis Underfloor, Stabling, Automatic Train Wash Plant (ATWP), dan bangunan Operation Control Center (OCC).

Sementara untuk area Light Maintenance dan Heavy Maintenance, saat ini masih dalam tahap pembangunan dengan progres Depo mencapai 85,11 persen.

Baca juga: Depo LRT Jabodebek Punya Fasilitas Pencucian Kereta Otomatis, Ini Cara Kerjanya

Pembangunan Depo LRT Jabodebek di Bekasi.Dok. KAI Pembangunan Depo LRT Jabodebek di Bekasi.
"Sebagai moda transportasi paling modern yang akan beroperasi di Indonesia, LRT Jabodebek tentu membutuhkan dukungan fasilitas perawatan yang mumpuni," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari laman resmi KAI, Rabu (10/08/2022).

Sebelumnya, sarana LRT Jabodebek ditempatkan pada jalur-jalur LRT Jabodebek. Namun kini sarana LRT Jabodebek sudah menempati area stabling atau area penyimpanan.

Terdapat 20 jalur pada area stabling untuk melindungi sarana LRT Jabodebek dari cuaca panas, hujan, dan gangguan eksternal lainnya.

Di sisi lain, kini progres LRT Jabodebek secara keseluruhan telah mencapai 84,22 persen.

Berbagai aspek telah dipersiapkan melalui berbagai tahap pengujian untuk menjamin keandalan operasional dan keselamatan pelanggan ke depannya.

“KAI mempersiapkan moda LRT Jabodebek sebaik mungkin dengan berbagai peralatan modern dan berkualitas. Sehinga dalam jangka waktu yang panjang, transportasi LRT Jabodebek tetap dapat diandalkan," tutup Joni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.