Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kabar Terbaru Pembangunan Depo LRT Jabodebek di Bekasi

Kompas.com - 10/08/2022, 15:31 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI masih terus melakukan persiapan jelang pengoperasian LRT Jabodebek. Salah satunya dengan menyiapkan kelengkapan Depo LRT Jabodebek.

Penyiapan itu untuk kepentingan menyimpan, memeriksa, merawat, dan memperbaiki sarana LRT beserta komponen pendukungnya.

Depo LRT Jabodebek berlokasi di Kecamatan Bekasi Timur, Kabupaten Bekasi, dengan luas sekitar 100.000 meter persegi.

Difungsikannya Depo tersebut agar sarana LRT Jabodebek selalu terjaga keandalannya. sehingga menghasilkan operasional LRT Jabodebek yang aman, nyaman dan selamat.

Saat ini area Depo yang sudah siap digunakan adalah area Mesin Bubut Roda Jenis Underfloor, Stabling, Automatic Train Wash Plant (ATWP), dan bangunan Operation Control Center (OCC).

Sementara untuk area Light Maintenance dan Heavy Maintenance, saat ini masih dalam tahap pembangunan dengan progres Depo mencapai 85,11 persen.

Baca juga: Depo LRT Jabodebek Punya Fasilitas Pencucian Kereta Otomatis, Ini Cara Kerjanya

Pembangunan Depo LRT Jabodebek di Bekasi.Dok. KAI Pembangunan Depo LRT Jabodebek di Bekasi.
"Sebagai moda transportasi paling modern yang akan beroperasi di Indonesia, LRT Jabodebek tentu membutuhkan dukungan fasilitas perawatan yang mumpuni," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari laman resmi KAI, Rabu (10/08/2022).

Sebelumnya, sarana LRT Jabodebek ditempatkan pada jalur-jalur LRT Jabodebek. Namun kini sarana LRT Jabodebek sudah menempati area stabling atau area penyimpanan.

Terdapat 20 jalur pada area stabling untuk melindungi sarana LRT Jabodebek dari cuaca panas, hujan, dan gangguan eksternal lainnya.

Di sisi lain, kini progres LRT Jabodebek secara keseluruhan telah mencapai 84,22 persen.

Berbagai aspek telah dipersiapkan melalui berbagai tahap pengujian untuk menjamin keandalan operasional dan keselamatan pelanggan ke depannya.

“KAI mempersiapkan moda LRT Jabodebek sebaik mungkin dengan berbagai peralatan modern dan berkualitas. Sehinga dalam jangka waktu yang panjang, transportasi LRT Jabodebek tetap dapat diandalkan," tutup Joni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com