Depo LRT Jabodebek Punya Fasilitas Pencucian Kereta Otomatis, Ini Cara Kerjanya

Kompas.com - 10/08/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Depo LRT Jabodebek di Bekasi memiliki sejumlah fasilitas unggulan untuk kepentingan menyimpan, memeriksa, merawat, dan memperbaiki sarana beserta komponen pendukungnya.

Saat ini progres pembangunan Depo sudah mencapai 85,11 persen. Dengan fasilitas yang sudah siap digunakan adalah area Mesin Bubut Roda Jenis Underfloor, Stabling, Automatic Train Wash Plant (ATWP), dan bangunan Operation Control Center (OCC).

"Sebagai moda transportasi paling modern yang akan beroperasi di Indonesia, LRT Jabodebek tentu membutuhkan dukungan fasilitas perawatan yang mumpuni," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari laman KAI pada Rabu (10/08/2022).

Baca juga: Ini Kabar Terbaru Pembangunan Depo LRT Jabodebek di Bekasi

Salah satu fasilitas unggulan Depo LRT Jabodebek ialah ATWP sebanyak 1 jalur yang digunakan sebagai tempat pencucian sarana LRT Jabodebek secara otomatis.

Cara kerjanya yakni, kereta LRT Jabodebek melaju di jalur ATWP untuk pembasahan awal dan disemprot sabun di bagian kaca depan, belakang, dan samping, baru kemudian disikat.

Selanjutnya dilakukan pembilasan awal, penyikatan atap, dan diakhiri dengan pembilasan akhir.

Setelah selesai proses pencucian, kereta LRT Jabodebek keluar dari alat ATWP dalam keadaan bersih.

Pencucian dengan sistem ini memiliki hasil baik dan memakan waktu yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan pencucian manual.

Baca juga: Beroperasi Akhir Tahun 2022, Apa Manfaat Nyata LRT Jabodebek?

Pencucian otomatis ini sangat efektif dan efisien karena memiliki sistem pengolahan air limbah (Water Treatment System). Di mana air hasil pencucian diolah agar tidak mencemari lingkungan.

Melalui Water Treatment System, air yang digunakan setelah pencucian akan ditampung dan diolah dengan cara memisahkan air dengan tanah pasir, oli, dan gemuk. Sehingga air tersebut tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

"KAI sangat memperhatikan faktor lingkungan untuk proses pencucian LRT Jabodebek. Untuk pembilasan akhir pun, KAI menggunakan Demineralizing Water atau air murni tanpa kandungan mineral atau zat-zat kimia sehingga tidak mencemari lingkungan," tukas Joni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.