Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Disebut Bakal Beroperasi Desember 2022, Ini Progresnya

Kompas.com - 12/05/2022, 18:16 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan LRT Jabodebek masih terus berlangsung. Rencananya bakal dilakukan operasional komersial pada Desember 2022 atau awal 2023.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Dirjen Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Harno Trimadi menyampaikan, secara fisik pengerjaan LRT Jabodebek sudah mencapai 97 persen.

Sementara untuk sistem jaringannya masih dalam proses pengerjaan. Mengingat LRT ini terdiri dari trek (fisik) dan sistem jaringan.

Baca juga: Soft Launching 17 Agustus, LRT Jabodebek Dipastikan Aman Saat Beroperasi

"Yang sudah jalan ini treknya 97 persen. Sinyalnya (sistem) sekarang masih kita proses, progresnya sekitar 86 persen," ujar Harno dalam Webinar Aksesibilitas dan Integrasi Antar Moda Pada LRT Jabodebek, Kamis (12/05/2022).

Di samping itu, menurut dia, dalam pembangunan LRT Jabodebek ada tiga komponen. Meliputi trek, sarana, dan sistem jaringan. Ketiganya pun harus terintegrasikan.

"Proses pengintergrasiannya saat ini masih dalam proses, belum mencapai 30 persen," tandasnya.

Kemudian dari segi aksesibilitas, pembangunan stasiun saat ini rata-rata masih di angka 70 persen-80 persen.

"Bicara pengintegrasian dan aksesibilitas, masanya memang sekarang. Karena mumpung stasiunnya belum selesai, karena kalau sudah selesai nanti merubahnya sulit," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menambahkan, saat ini secara total progres pengerjaan proyek LRT Jabodebek baru mencapai 81,75 persen. 

Adapun tahapan yang sedang difokuskan sekarang ialah menjalankan testing dan commissioning.

Baca juga: Naik LRT Jabodebek, dari Bekasi ke Jakarta Cuma 28 Menit

"Dengan demikian kalau masyarakat melihat ada lintasan-lintasan LRT yang sedang dijalankan, maka itu dalam rangka melakukan testing dan commissioning," kata Didiek.

Lalu tahapan selanjutnya pada Agustus 2022 akan dilakukan demo grade of automation (GOA) 3 di beberapa lintas pelayanan.

Kemudian akan diteruskan pada Oktober 2022 berupa trial run. Pada saat trial run, skenarionya LRT ini sudah beroperasi seperti biasa, namun belum ada penumpangnya.

"Baru pada saat Desember 2022 atau awal tahun 2023, akan dimulai tahap operasional komersial daripada LRT Jabodebek ini," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com