Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Sumut Minta Konstruksi Tol Kisaran-Rantauprapat-Dumai Dipercepat

Kompas.com - 23/07/2022, 08:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Rapat membahas pembangunan ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) digelar di Jakarta pada Kamis.

Hadir Raja jalan tol Mohammad Jusuf Hamka, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Asisten Deputi Strategi dan Kebijakan Percepatan Investasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Kemenko Marves) Ferry Akbar Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution bersama Irham Buana Nasution dan Dody Taher.

Musa mengatakan, pertemuan lanjutan tersebut dalam rangka membahas berbagai opsi investasi pembiayaanJTTS, khususnya Ruas Dumai-Rantauprapat-Kisaran.

Menurutnya, pembangunan ruas ini harus dipercepat karena memiliki nilai ekonomi yang sangat menjanjikan. Apalagi, ruas ini menjadi koridor industri agribisnis terutama Crude Palm Oil (CPO).

Baca juga: Efek Berganda Jalan Tol Trans-Sumatera Makin Terasa

"Tersambungnya ruas ini, multiplier effect-nya adalah penguatan jalur pasok CPO untuk memenuhi kebutuhan nasional dan ekspor melalui Pelabuhan Belawan dan Dumai," kata Musa, dikutip dari rilis, Jumat (22/7/2022).

Bukan hanya itu, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Seimangkei, Pelabuhan Kualatanjung dan Pelabuhan Dumai akan semakin berkembang.

Merujuk pada banyaknya perkebunan kelapa sawit dan pabrik pengolahannya serta kegiatan agrobisnis lainnya pada ruas Dumai-Kisaran.

"JTTS pun bakal mendorong tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru yang akan berkontribusi terhadap PDB nasional," sambungnya.

Pemegang saham mayoritas PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Jusuf Hamka merespons upaya Musa Rajekshah mempercepat pembangunan Tol Kisaran-Rantauprapat-Dumai pada 2023. Sebagai investor, dia mengingat kalau investasi yang dibutuhkan cukup besar.

"Saya berharap pemerintah pusat dan daerah memperbarui feasibility study ruas tol untuk mendapat gambaran kelayakan finansialnya," kata Jusuf.

Menindaklanjuti hal itu, Musa akan melakukan pertemuan lanjutan dengan beberapa pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN dan PT Hutama Karya yang ditunjuk pemerintah menyelesaikan pembangunan JTTS.

Tol Kisaran-Rantauprapat dirancang sepanjang 111 kilometer, danTol Rantauprapat-Simpangsigambal-Dumai sekitar 175 kilometer.

Kemenko Marves membuat empat tahapan pembangunan. Tahap pertama bagian satu sudah beroperasi dan bagian dua dalam pengerjaan.

Target operasional pada 2022-2023 adalah: Sigli-Banda Aceh, Kisaran-Indrapura, Kualatanjung–Parapat, Simpang Indralaya–Muara Enim, Sicincin-Padang, Pekanbaru-Bankinang-Pangkalan, Tabapenanjung-Bengkulu.

Tahap kedua yakni Betung–Jambi–Rengat–Pekanbaru. Tahap ketiga menghubungkan Kisaran–Rantauprapat-Dumai juga Pangkalanbrandan–Langsa–Lhokseumawe–Sigli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com