Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung di Brasil Ini Punya Tangga Spiral Eksterior hingga Lantai Ke-38

Kompas.com - 18/07/2022, 21:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tangga spiral merupakan salah satu jenis tangga yang kerap digunakan pada bangunan atau gedung bertingkat.

Biasanya ukuran tangga spiral yang digunakan tidak terlalu panjang mengingat aspek keamanan dari tangga tersebut. 

Namun, Gedung Copan atau Edificio Copan di Sao Paulo, Brasil, memiliki tangga spiral hingga lantai ke-38 dan terletak di bagian eksterior bangunan.

Untungnya, tangga tersebut hanya digunakan saat-saat darurat karena gedung apartemen ini sudah dilengkapi dengan lift.

Baca juga: Begini Cara Mendesain Tangga Spiral di Rumah Agar Tetap Aman Digunakan

Dikutip dari Modern Architecture: The Facades of Chopan Building yang ditulis oleh Valeria Costa dan Fabiana Lopes dari University Sao Paulo, pembangunan gedung ini memakan waktu cukup lama.

Konstruksinya dimulai pada tahun 1952. Namun, sempat berhenti karena alasan politik dan ekonomi. Kemudian, periode konstruksinya diperpanjang hingga tahun 1971-1972.

Kompleks bangunan ini oleh arsitek kawakan asal Brasil, Oscar Niemeyer, dan dikenal dengan desain fasadnya yang berliku-liku.

Tampilan tangga spiral eksterior di Gedung Copan, BrasilShutterstock Tampilan tangga spiral eksterior di Gedung Copan, Brasil

Sementara itu, dilansir dari Architectuul, gedung Copan merupakan kompleks apartemen yang sudah dilengkapi oleh beragam fasilitas.

Saat ini Gedung Copan memiliki 1.160 unit apartemen dan dapat dihuni oleh 5.000 orang. Luas gedung bahkan mencapai 10.572,80 meter persegi.

Karena banyaknya penduduk di kawasan ini, Balai Kota Sao Paulo memberikan kode pos sendiri kepada gedung ini.

Baca juga: Bangun Tangga di Rumah, Bagaimana Aturannya?

Untuk melayani penghuni dan melakukan pemeliharaan di gedung setinggi 140 meter, pemilik gedung mempekerjakan lebih dari 100 orang karyawan.

Lantai dasar gedung ini merupakan lokasi bagi lebih kurang 70 bisnis dan perusahaan, termasuk gereja, agen perjalanan, toko buku, dan restoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com