Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rest Area Banjaratma Km 260 Dipilih Jadi Sentra Promosi Produk UMKM

Kompas.com - 17/07/2022, 12:06 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rest Area Km 260 Banjaratma Jalan Tol Pejagan-Pemalang dipilih menjadi role model  bagi penyedia infrastruktur publik dalam memberikan ruang promosi untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal ini diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) empat kementerian, Jumat (15/7/2022).

Keempatnya adalah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kementerian Perhubungan.

Rest Area Km 260 Banjaratma dikelola oleh perusahaan afiliasi PT PP (Persero) Tbk, PT PP Sinergi Banjaratma.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki menjelaskan, Rest Area Km 260 Banjaratma dipilih lantaran memiliki pengelolaan yang saat ini dinilai sangat baik.

Baca juga: Menteri Teten: Rest Area Km 260B Banjaratma Paling Keren!

"Saya berterima kasih kepada pengelola Banjaratma ini karena sejak awal memberikan kemudahan bagi UMKM, terutama soal tarif," ujar Teten dalam rilis, Sabtu (16/7/2022).

Bahkan, pada awal Pandemi Covid-19, diberikan pembebasan sewa dengan keringanan hingga 50 persen.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menuturkan, sebelum rest area ini dibangun seperti saat ini, situasinya lebih seperti bangunan yang terbengkalai.

Namun setelah dibangun, Rest Area Km 260 Banjaratma diklaimnya telah menjelma menjadi destinasi wisata belanja dan kuliner.

“Sebelum dibangun sempat jadi rumah hantu, tapi sekarang sudah cantik sekali penataannya," terang Ganjar.

Untuk ke depanmya, rest area ini akan diisi juga dengan seni pertunjukan hingga event-event menarik.

Rest Area Km 260 Banjaratma ini telah memiliki pelaku UMKM sebanyak 158 usaha atau hampir 100 persen diisi tenant (penyewa).

Ini terdiri dari 130 UMKM dengan produk makanan, minuman, kerajinan, dan oleh-oleh serta 28 UMKM dengan produk fesyen Sentrak Batik Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com