Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Beberkan Empat Tantangan Bangun Ibu Kota Nusantara

Kompas.com - 13/07/2022, 19:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsultan asal Jepang, Japan International Cooperation Agency (JICA) mengungkapkan ada empat tantangan utama yang harus dihadapi dalam menjamin mutu pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Chief Representative JICA Takehiro Yasio saat bertemu dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Kantor Kementerian PUPR, Rabu (13/7/2022).

Pertama, perlunya integrasi berdasarkan kondisi dasar di mana semua desain dan pembangunan harus berdasarkan kondisi topografi dan geologi saat ini.

Pembuatan land grading dan semua rencana infrastruktur harus merujuk ke rencana drainase untuk mencegah bencana banjir.

Baca juga: Kawasan Pemerintahan IKN Akan Punya 70 Persen Area Hijau

Kedua, perlunya koordinasi infrastruktur bawah tanah. Salah satunya adalah pengamanan luasan ruang bebas/right-of-way (ROW) terutama untuk lubang got dan struktur yang lebih besar seperti pompa pengangkat saluran pembuangan.

Ketiga, ruang untuk menjamin aksesibilitas perluasan di masa depan harus disiapkan. Salah satunya adalah kebutuhan lahan untuk layanan transportasi umum seperti halte dan utilitas jalan seperti lampu dan CCTV.

Keempat, soal jaminan mutu konstruksi.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan amanah pembangunan IKN yang diberikan,” ungkap Takerhiro.

Menteri Basuki mengapresiasi hasil studi tim konsultan JICA tersebut. Menurutnya, terkait tantangan pertama, konsultan JICA sangat jeli dalam mengobservasi.

“Kita akan bergantung betul dengan rencana drainase untuk mencegah banjir. Untuk itu berkali-kali saya tanya siapa yang akan bertanggung jawab dengan drainase IKN, karena ini sangat penting,” jelasnya.

Ia berharap kehadiran konsultan JICA ini bisa mempermudah pembangunan IKN Nusantara dengan kualitas yang baik.

“Kami percaya Anda sekalian akan membantu untuk menjamin mutu pembangunan IKN, untuk itu jangan ragu untuk memberi kami saran atau koreksi agar tujuan kita tercapai,” jelasnya. 

Baca juga: Sejong, Model Kota Administratif Multifungsi Dunia yang Bisa Ditiru IKN

Basuki menambahkan sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, terdapat dua goal dalam pembangunan IKN, yaitu jaminan mutu dan estetika.

"Kami ingin dalam proses pembangunan IKN kelestarian lingkungan tetap dijaga,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com