Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejong, Model Kota Administratif Multifungsi Dunia yang Bisa Ditiru IKN

Kompas.com - 08/07/2022, 11:30 WIB
Moon Seong-yo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua setengah tahun setelah pemerintah Indonesia mengumumkan Kalimantan Timur sebagai calon lokasi ibu kota negara baru, proyek ini dinilai berjalan lancar.

Hal ini menyusul regulasi tentang pembangunan ibu kota negara baru atau UU IKN telah diundangkan, dan Otorita Ibu Kota Nusantara (lembaga setingkat kementerian) dibentuk pada Maret 2022.

Otorita Ibu Kota Nusantara Indonesia ini memainkan peran serupa dengan Badan Nasional Pembangunan Kota Administratif Korea (NAACC) yang merupakan lembaga administrasi pusat Republik Korea.

Baca juga: Ciptakan IKN Cerdas, Korea Selatan Jadi Partner Diskusi Pemerintah

NAACC telah mempromosikan proyek pembangunan kota multifungsi administratif sejak 2007 untuk memecahkan masalah pembangunan nasional yang seimbang dan kepadatan penduduk di wilayah metropolitan Seoul.

Salah satu contoh keberhasilan dari peran lembaga ini adalah pembangunan Kompleks Pemerintahan Sejong dengan luas 630.000 meter persegi di atas lahan kosong.

Kota Bahagia Sejong, Korea SelatanNAACC Kota Bahagia Sejong, Korea Selatan
Kota Sejong dirancang untuk menyelesaikan relokasi 43 instansi administrasi pusat, menyiapkan 112.000 rumah, menyediakan infrastruktur perkotaan seperti taman, sekolah, perawatan medis, dan kesejahteraan, serta memperbaiki kondisi pemukiman, sehingga populasi Kota Sejong pun telah mencapai 290.000 orang.

Selain itu, upaya untuk menyelesaikan ibu kota administratif yang sebenarnya terus dilakukan, termasuk pembangunan kota pintar terbaik di Korea dengan melengkapi infrastruktur pintar, promosi proyek pembangunan gedung Majelis Nasional Sejong, dan sebagainya.

Indonesia sendiri telah mendeklarasikan peta jalan pemindahan ibu kota jangka panjang untuk menyelesaikan pembangunan ibu kota baru pada tahun 2045.

Peta jalan ini pemindahan ini untuk menjadikan ibu kota baru sebagai pusat politik, administrasi, dan industri makanan masa depan yang baru, dan meninggalkan ibu kota saat ini, Jakarta, sebagai pusat perekonomian.

Dalam rangka mendukung pemindahan ibu kota Indonesia, NAACC telah mengirimkan delegasi kerjasama dengan  pemerintah Indonesia sejak tahun 2020.

Kota Bahagia Sejong, Korea SelatanNAACC Kota Bahagia Sejong, Korea Selatan
Delegasi ini berbagi pengalaman dalam membangun kota multifungsi administratif, dan melakukan upaya proaktif untuk mendorong perusahaan Korea untuk berpartisipasi dalam proyek ibu kota negara baru Indonesia.

Selain itu, juga telah mendapat respon baik dari pemerintah Indonesia dengan menjalin hubungan kerjasama dengan memberikan saran kebijakan, mengadakan seminar bersama antara kedua negara, dan memberikan pendidikan bagi pejabat publik Indonesia.

Pada bulan Februari tahun 2021, Tim Korea dibentuk dengan 34 lembaga publik dan perusahaan swasta di Indonesia, berpusat pada delegasi kerjasama NAACC untuk membantu perusahaan Korea berpartisipasi dalam proyek kota baru.

Dan pada bulan Juni, diluncurkan jaringan kerjasama Korea-Indonesia yang diikut hadir Ketua MPR RI, anggota DPR RI, kepala daerah, dan lain-lain, untuk meningkatkan proyek kerja sama dan memantapkan sistem kerja sama.

Selain itu, model kota pintar Korea diadopsi dalam rencana pembangunan IKN dengan mengusulkan Rencana Dasar Kota Cerdas Ibu Kota Baru, dan Kompleks Percontohan Perumahan Pegawai Negeri Sipil di Ibu Kota Baru yang menggunakan proyek K-City Network, pendukung proyek kota pintar pemerintah luar negeri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com