Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangkas Birokrasi, SIBARU Integrasikan Semua Program Bantuan Perumahan

Kompas.com - 13/07/2022, 17:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Digitalisasi pelayanan sangat diperlukan untuk dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya terkait bantuan perumahan.

Mengingat masih ada permasalahan backlog kepemilikan rumah sebanyak 12,7 juta, backlog kepenghunian 7 juta, hingga rumah tidak layak huni 23 juta.

Kondisi itulah yang mendasari Ditjen Perumahan Kementerian PUPR untuk mengembangkan aplikasi berbasis web yaitu Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU).

Intinya aplikasi yang dikembangkan sejak 2016 dan telah diaplikasikan sejak 2018 lalu ini berguna untuk mengusulkan bantuan perumahan dan informasi soal Program Sejuta Rumah.

Sebagaimana mengutip dokumen Ditjen Perumahan Kementerian PUPR bertajuk Cara Mudah Usulkan Bantuan Perumahan Untuk Masyarakat, yang diterima Kompas.com, Rabu (13/07/2022).

Baca juga: Ini Rincian Program Perumahan Rakyat 2022 Senilai Rp 5,1 Triliun

Kebutuhan rumah di Indonesia sangat tinggi belum ditunjang dengan ketersediaan sistem dan informasi yang baik.

Selain itu, belum ada sistem informasi yang mengintegrasikan seluruh program perumahan di Indonesia.

Bahkan selama ini proses pengusulan bantuan perumahan dilaksanakan secara manual.

Sehingga usulan dicetak dan dikirim ke kantor Kementerian PUPR di Jakarta dan data usulan juga tersebar di setiap direktorat/balai/satker di pusat dan daerah.

Berkas dokumen usulan yang menumpuk memerlukan ruang penyimpanan yang besar dan proses verifikasi membutuhkan waktu lama, biaya, serta tenaga.

Di samping itu, format data dan kelengkapan berbeda-beda serta membutuhkan waktu lama mengingat banyaknya aplikasi perumahan.

Sehingga, berdasarkan beberapa persoalan itulah Ditjen Perumahan Kementerian PUPR mengembangkan SIBARU.

Sistem tersebut diharapkan menjadi solusi proses pengusulan dan pendataan rumah, sehingga satu big data perumahan di Indonesia dapat segera terwujud.

Baca juga: Ini Sederet Manfaat Sekuritisasi Sektor Perumahan

SIBARU merupakan sistem yang dirancang untuk menyediakan sistem informasi tata kelola bantuan perumahan yang terpadu dan mendukung proses pengelolaan bantuan perumahan.

Mulai dari tahap pengusulan bantuan, monitoring pelaksanaan pembangunan, sebaran dan lokasinya, hingga akhirnya bantuan perumahan tersebut dihuni dan/atau diserahterimakan ke calon penerima manfaat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com