Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Properti Komersial Sewa Bertumbuh, Kategori Jual Stabil

Kompas.com - 22/05/2024, 20:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Permintaan properti komersial kategori sewa mengalami pertumbuhan secara tahunan, sementara untuk kategori jual masih stabil.

Hal itu berdasarkan laporan Bank Indonesia (BI) bertajuk Perkembangan Properti Komersial Triwulan I-2024.

Indeks Permintaan Properti Komersial untuk kategori sewa secara tahunan tumbuh 3,41 persen (yoy), meningkat dibandingkan Triwulan IV-2023 yang tumbuh 1,91 persen (yoy).

Peningkatan indeks permintaan untuk kategori sewa utamanya terjadi pada segmen ritel sewa di seluruh kota.

Selanjutnya, peningkatan indeks permintaan segmen hotel terjadi di Bandung, Medan, Balikpapan, Denpasar, Palembang, dan Surabaya.

Baca juga: Investasi Real Estat Komersial di Jepang Paling Aktif Se-Asia Pasifik

Sementara itu, Indeks Permintaan Properti Komersial untuk kategori jual pada Triwulan I-2024 tumbuh 0,34 persen (yoy), sama dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya yang juga 0,34 persen (yoy).

Hal tersebut dipengaruhi oleh terjaganya permintaan pada segmen lahan industri dan kompleks pergudangan.

Meskipun pertumbuhan secara tahunan meningkat, Indeks Permintaan Properti Komersial pada kategori sewa secara triwulanan mengalami kontraksi 2,82 persen (qtq), lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 2,11 persen (qtq).

Penurunan indeks permintaan tersebut terutama akibat kontraksi pada segmen hotel, apartemen sewa, dan convention hall.

Penurunan ini terjadi pada mayoritas kota cakupan survei dikarenakan terbatasnya kegiatan MICE selama periode Ramadhan 2024.

Sementara itu, Indeks Permintaan Properti Komersial kategori jual pada Triwulan I-2024 tumbuh sebesar 0,04 persen (qtq), melambat dibandingkan Triwulan IV-2023 yang tumbuh 0, 10 persen (qtq).

Perlambatan indeks permintaan ini disebabkan oleh kontraksi permintaan pada segmen perkantoran, serta perlambatan permintaan pada segmen lahan industri dan warehouse complex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com