Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Memberi Pupuk pada Rumput di Halaman Rumah Anda?

Kompas.com - 22/05/2024, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumput yang ditanaman di halaman tak hanya membuat tampilan rumah menjadi lebih asri, namun juga bisa mempercepat penyerapan air hujan.

Meski kerap dianggap bisa tumbuh subur dengan sendirinya, ternyata pemberian pupuk sangat penting dalam rutinitas perawatan rumput.

Pemberian pupuk secara teratur dapat menyuburkan tanah Anda dengan nutrisi yang memungkinkan rumput tumbuh subur dan lebat.

Saat halaman rumput Anda tumbuh, nutrisi di dalam tanah perlu diganti. Rumput yang sudah dipupuk memiliki banyak nilai lebih.

Baca juga: 5 Pemicu yang Bikin Warna Rumput di Halaman Rumah Menguning

Mulai dari tampilan yang lebat dan hijau dengan sedikit gulma hingga bisa mengurangi limpasan unsur hara dan erosi tanah saat hujan.

Jadi pemberian pupuk harus dilakukan secara rutin untuk memastikan rumput di halaman tumbuh dengan baik.

Frekuensi pemupukan rumput bergantung pada empat faktor utama yakni jenis pupuk yang digunakan, iklim, musim, dan jenis rumput.


Dikutip dari laman Real Simple, idealnya pemupukan dilakukan kira-kira dua hingga tiga kali setiap empat bulan.

Waktu terbaik untuk memberikan pupuk ke rumput adalah di pagi hari dan malam hari. Hal ini dimaksudkan agar rumput tidak terbakar dan tetap terhidrasi.

Baca juga: Jangan Potong Rumput Usai Turun Hujan! Ini Alasannya

Pilihlah pupuk terbaik untuk jenis rumput dan kondisi tanah Anda, lalu ikuti petunjuk kemasan dengan cermat untuk memastikan takaran yang tepat.

Gunakan penyebar untuk mendistribusikan pupuk secara merata ke seluruh halaman rumput Anda.

Halaman rumput yang tidak diberi pupuk biasanya memiliki warna yang lebih kusam, pertumbuhan rumput terlihat jarang dan akan ditumbuhi lebih banyak gulma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com