Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bedanya Apartemen Biasa dengan Apartemen Servis

Kompas.com - 11/07/2022, 19:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ciri khas dari gaya hidup perkotaan yang mudah dijumpai adalah banyak masyarakat yang tinggal di apartemen.

Karena keterbatasan lahan dan biaya, apartemen menjadi pilihan yang lebih memungkinkan dibandingkan dengan tinggal di rumah tapak.

Sebagian besar apartemen biasanya disewakan kepada individu atau keluarga oleh masing-masing pemilik/tuan tanah, untuk jangka waktu yang lama.

Apartemen sewaan tidak harus dilengkapi dengan perabotan lengkap dan penyewa bertanggung jawab untuk memelihara dan merawat apartemen. Bahkan utilitas yang digunakan juga dikenakan tarif perumahan.

Baca juga: Hingga 3 Tahun ke Depan, Pasokan Apartemen Servis Bertambah 1.862 Unit

Selain apartemen biasa, ternyata juga ada apartemen servis yang juga dikenal sebagai
extended stay apartment atau serviced condo.

Seperti dikutip dari laman IQ Global, apartemen servis dapat didefinisikan sebagai jenis apartemen berperabotan lengkap.

 

Jadi para tamu tak perlu repot untuk membeli furnitur baru lagi karena semuanya telah tersedia di dalam unit. 

Masa inap yang ditawarkan sangat bervariasi, di mana dapat disewakan untuk masa inap jangka pendek dan jangka panjang atau diperpanjang.

Dalam satu unit apartemen servis tersedia beragam fasilitas untuk penggunaan sehari-hari seperti dapur, ruang rekreasi, dapur lengkap, kamar mandi, Wi-Fi, mesin cuci, dan fasiltias premium lainnya.

Karena lengkapnya fasilitas yang didapatkan, banyak orang yang membandingkan apartemen servis dengan kamar hotel, meskipun harga apartemen ini jauh lebih terjangkau.

Baca juga: Ribuan Unit Apartemen di Jakarta Tak Laku

Sebagian besar apartemen servis disewakan kepada turis atau orang dari mancanegara yang sedang melakukan perjalanan bisnis.

Biaya sewa apartemen servis memang lebih tinggi dari apartemen biasa karena selain fasilitas yang lengkap, penyewa juga ditagihkan biaya listrik, air, hingga sampah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com