Manggarai Jadi Stasiun Sentral, Rute KRL Berubah Mulai 28 Mei 2022

Kompas.com - 22/05/2022, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan dan Ditjen Perkeretaapian akan melakukan pembangunan Stasiun Manggarai menjadi Stasiun Sentral.

Karena itu akan dilakukan sejumlah perubahan rute KRL. Melalui akun instagram resminya, PT KAI Commuter Line mengungkapkan Switch Over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai akan dilakukan pada Jumat (27/5/2022).

“Pada Jumat 27 Mei 2022 malam hingga Sabtu (28/5/2022) dini hari akan dilakukan Switch Over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai,” ujar unggahan tersebut.

Baca juga: Kapasitas Gerbong KRL Yogyakarta-Solo Naik Jadi 130 Penumpang

Switch Over dilakukan untuk menata dan mengkondisikan jalur kereta api di Stasiun Manggarai sehingga pembangunan bisa dilanjutkan.

Sebagai informasi, switch over merupakan peralihan sistem pelayanan untuk meningkatkan keandalan layanan kepada pengguna kereta api. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KAI Commuter (@commuterline)

 

Setelah SO 5 dilakukan, akan terjadi penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) KRL Jabodetabek pada Lin Bogor dan Lin Cikarang.

Sementara itu, mulai Sabut (28/5/2022) KRL Lin Bogor hanya menuju ke Stasiun Jakarta Kota. KRL Lin Loop dengan tujuan Bogor-Angka/Jatinegara akan dinonaktifkan.

Sedangkan untuk KRL Lin Cikarang tidak lagi menuju Stasiun Jakarta Kota, melainkan langsung ke Stasiun Angke/Kampung Bandan via Manggarai/Pasar Senen.

Baca juga: Anda sedang Cari Rumah Dekat Stasiun KRL Yogya-Solo? Ini Pilihannya

KRL Lin Cikaran menggunakan 2 pola operasi yakni :

Full Racket (Looping)

• Cikarang/Bekasi–Jatinegara–Manggarai–Kampung Bandan–Pasar Senen–Jatinegara–Bekasi/Cikarang.
• Cikarang/Bekasi–Jatinegara–Pasar Senen–Kampung Bandan–Manggarai–Jatinegara–Bekasi/Cikarang.

Half Racket

• Cikarang/Bekasi–Jatinegara–Manggarai–Tanah Abang–Kampung Bandan (PP).
• Cikarang/Bekasi–Jatinegara– Manggarai–Tanah Abang–Angke (PP).

Di Stasiun Manggarai, penumpang yang ingin menggunakan KRL Lin Cikarang dapat menuju peron 6 atau 7 dan KRL Lin Bogor di peron 10, 11, 12, 13.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.