Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Merak Padat Kendaraan, Menhub Minta Diterapkan "First in First out"

Kompas.com - 29/04/2022, 19:35 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta diterapkannya “first in first out” di Pelabuhan Merak untuk mencegah terjadinya kepadatan kendaraan yang akan masuk ke kapal.

Penerapan first in first out artinya, kendaraan yang telah memiliki tiket dengan jadwal keberangkatan lebih awal adalah yang lebih dulu masuk ke kapal.

Menurut dia, terjadinya kepadatan kendaran yang akan masuk ke kapal pada 25 April 2022 lalu disebabkan adanya kendaraan yang sudah berada di area parkir pelabuhan. Padahal jadwal keberangkatan kapalnya masih agak lama.

Baca juga: Urai Kepadatan Pelabuhan Merak saat Malam Hari, Ini Rekomendasi Menhub

 

"Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada. Sehingga orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal,” jelas Budi dikutip dari situs resmi Kemenhub, Jumat (29/4/2022).

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk datang ke Pelabuhan Merak menyesuaikan dengan keberangkatan kapal.

"Saya sudah memberikan catatan kepada Dirjen Perhubungan Darat dan Dirut ASDP untuk melakukan perbaikan berkaitan dengan tata kelolanya agar ke depannya dapat berjalan lebih baik," ungkapnya.

Selain itu, dia juga telah meminta untuk dilakukan penambahan dermaga untuk mengurai kepadatan.

"Untuk truk-truk bisa diarahkan ke dermaga Pelindo (Indah Kiat). Kapal yang digunakan adalah kapal besar jadi sekali jalan bisa menampung sekitar 200 kendaraan," tandasnya.

Baca juga: H-5 Lebaran, 8.391 Kendaraan Lewat Tol Trans-Sumatera via GT Bakauheni Selatan

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, akan melakukan penambahan dua dermaga.

Yaitu dermaga Pelindo (Indah Kiat) dan dermaga bjb. Penggunaan dua dermaga tersebut diharapkan akan memecah kepadatan di pelabuhan.

Selain itu, telah disiapkan tambahan tiga kapal yaitu dua kapal roro dan satu kapal laut. Untuk kapal laut (Atosim) akan bersandar di dermaga Pelindo (Indah Kiat) dengan rute Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Panjang, Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com