Kompas.com - 28/04/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengerjaan penataan Kawasan Wisata Gunung Kemukus di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, telah selesai.

Bahkan telah dilakukan peresmian pada Rabu (27/04/2022) oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketua DPR RI Puan Maharani.

Penataan kawasan Gunung Kemukus bertujuan untuk mengembalikan fungsi aslinya sebagai destinasi wisata keluarga serta religi.

Sebab, di obyek wisata tersebut terdapat makam Pangeran Samudro yang dikenal sebagai penyiar agama Islam di kaki Gunung Lawu.

Baca juga: Wajah Baru Kawasan Wisata Gunung Kemukus Usai Dipersolek

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ketersediaan infrastruktur yang memadai akan mengubah wajah kawasan Gunung Kemukus, sekaligus mempercepat pengembangan destinasi wisata.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul," ujarnya dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Kamis (28/04/2022).

Penataan kawasan Gunung Kemukus dilaksanakan selama 390 hari kalender sejak tanggal kontrak September 2020 dan telah selesai pada Desember 2021.

Anggaran penataan kawasan bersumber dari APBN Kementerian PUPR sebesar Rp 48,4 miliar yang dilaksanakan secara Multi Years Contract (MYC) 2020-2021.

Dengan Kontraktor Pelaksana PT Aset Prima Tama dan manajemen konstruksI PT Inti Mulya Multikencana.

Kawasan wisata Gunung KemukusDok. Kementerian PUPR Kawasan wisata Gunung Kemukus
Konsep penataan kawasan adalah dengan tetap melindungi elemen-elemen bangunan yang memiliki nilai sejarah secara komprehensif yang disesuaikan dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal.

Baca juga: Rest Area Gunung Mas Bisa Jadi Model Penataan Kawasan Strategis Nasional

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.