Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penataan Kawasan Wisata Gunung Kemukus Telan Rp 48 Miliar

Kompas.com - 28/04/2022, 16:01 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengerjaan penataan Kawasan Wisata Gunung Kemukus di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, telah selesai.

Bahkan telah dilakukan peresmian pada Rabu (27/04/2022) oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketua DPR RI Puan Maharani.

Penataan kawasan Gunung Kemukus bertujuan untuk mengembalikan fungsi aslinya sebagai destinasi wisata keluarga serta religi.

Sebab, di obyek wisata tersebut terdapat makam Pangeran Samudro yang dikenal sebagai penyiar agama Islam di kaki Gunung Lawu.

Baca juga: Wajah Baru Kawasan Wisata Gunung Kemukus Usai Dipersolek

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ketersediaan infrastruktur yang memadai akan mengubah wajah kawasan Gunung Kemukus, sekaligus mempercepat pengembangan destinasi wisata.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul," ujarnya dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Kamis (28/04/2022).

Penataan kawasan Gunung Kemukus dilaksanakan selama 390 hari kalender sejak tanggal kontrak September 2020 dan telah selesai pada Desember 2021.

Anggaran penataan kawasan bersumber dari APBN Kementerian PUPR sebesar Rp 48,4 miliar yang dilaksanakan secara Multi Years Contract (MYC) 2020-2021.

Dengan Kontraktor Pelaksana PT Aset Prima Tama dan manajemen konstruksI PT Inti Mulya Multikencana.

Kawasan wisata Gunung KemukusDok. Kementerian PUPR Kawasan wisata Gunung Kemukus
Konsep penataan kawasan adalah dengan tetap melindungi elemen-elemen bangunan yang memiliki nilai sejarah secara komprehensif yang disesuaikan dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal.

Baca juga: Rest Area Gunung Mas Bisa Jadi Model Penataan Kawasan Strategis Nasional

Ruang lingkup penataan kawasan Gunung Kemukus yang ditangani Kementerian PUPR seluas 4 hektare meliputi pembangunan Gerbang Barong, penataan Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Sumberlawang dan dermaga,

Kemudian, pekerjaan visitor center/plaza penerima tamu, penataan RTHP Sendang Ontrowulan, penataan situs Makam Pangeran Samudro, penataan jalan lingkungan, penataan waterfont park/kawasan tepian air (promenade), pekerjaan fasilitas klinik dan Balai Budaya.

Penataan kawasan Gunung Kemukus menjadi bagian dari pengembangan pariwisata di Kota Solo dan sekitarnya.

Seperti Museum Purbakala Sangiran sekaligus terintegrasi dengan pengembangan kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com