Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Baru Kawasan Wisata Gunung Kemukus Usai Dipersolek

Kompas.com - 28/04/2022, 07:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah merampungkan penataan kawasan wisata Gunung Kemukus di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Bahkan pada Rabu (27/04/2022) telah dilakukan peresmiannya oleh Ketua DPR RI Puan Maharani serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, sebagaimana dilansir dari akun Instagram Kementerian PUPR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan kawasan Gunung Kemukus dilakukan untuk mengembalikan fungsinya sebagai tujuan wisata religi dan wisata keluarga.

Kawasan wisata Gunung KemukusDok. Kementerian PUPR Kawasan wisata Gunung Kemukus
"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul," ujar Basuki.

Baca juga: 13 Bangunan Bersejarah di Benteng Pendem Ngawi Direhabilitasi

Setelah dilakukan penataan, kawasan wisata Gunung Kemukus diharapkan diharapkan dapat mendorong berkembangnya perekonomian masyarakat dan memacu pertumbuhan kawasan sebagai daerah tujuan wisata.

"Setiap wilayah pasti memiliki ikon wisata. Saya berharap dengan penataan ini membawa berkah bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat sekitarnya," imbuh Puan Maharani.

Kawasan wisata Gunung KemukusDok. Kementerian PUPR Kawasan wisata Gunung Kemukus
Penataan kawasan Gunung Kemukus menjadi bagian dari pengembangan kawasan pariwisata yang mencakup Kota Solo dan Museum Purbakala Sangiran yang akan diintegrasikan dengan pengembangan kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur.

Perihal penataan kawasan Gunung Kemukus atau New Kemukus juga pernah disampaikan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

Mengutip informasi dari laman resmi Pemkab Sragen pada 22 April 2022 lalu, Diana menyampaikan bahwa pengelolaan New Kemukus diserahkan kepada Pemkab Sragen.

Kawasan wisata Gunung KemukusDok. Kementerian PUPR Kawasan wisata Gunung Kemukus
"Investasi yang diberikan pemerintah pusat ini bisa dipelihara dan dikelola dengan baik supaya berkelanjutan," ujarnya.

Adapun pembangunan kawasan Gunung Kemukus antara lain pengerjaan gerbang barong, penataan Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Sumberlawang, pekerjaan visitor Center-Plaza Penerima.

Baca juga: Lido dan Puncak Bakal Jadi Kawasan Wisata Terpadu, Begini Konsepnya

Kemudian penataan RTHP Sendang Ontrowulan, penataan Situs Makam Pangeran Samodra, penataan sirkulasi jalan lingkungan, penataan Waterfront Park, dan pekerjaan fasilitas klinik-Community Center.

Kawasan wisata Gunung KemukusDok. Kementerian PUPR Kawasan wisata Gunung Kemukus
Diana mengaku senang dengan hasil pembangunan New Kemukus dan berharap bangunan baru itu bisa lebih bagus serta lebih terang untuk wisata religi maupun keluarga.

Kawasan Gunung Kemukus diharapkan bisa menjadi destinasi pariwisata serta menjadi bagian terintegrasi pengembangan destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Solo-Sangiran.

"Selain itu juga dapat meningkatkan citra dan diversifikasi daya tarik wisata Kawasan New Kemukus untuk mendorong kegiatan pariwisata kawasan sebagai sektor strategis dalam meningkatkan perekonomian wilayah dan kesejahteraan masyarakat Sragen dan Jawa Tengah," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com