Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Kecelakaan Truk, "Contraflow" Diberlakukan di Tol Cipali

Kompas.com - 27/04/2022, 10:32 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusul adanya kecelakaan truk gandeng yang menyebabkan kepadatan, contraflow (lawan arus) diterapkan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Contraflow di Tol Cipali dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan akibat adanya kecelakaan," ungkap General Manager Astra Tol Cipali Suyitno dilansir Antara, Selasa (26/4/2022).

Dalam peristiwa itu, truk gandeng bermuatan makanan ternak tiba-tiba terlepas dengan sendirinya hingga terbalik.

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com edisi Rabu (27/4/2022).

Lantas, di mana pemberlakuan contraflow itu dilakukan?

Selanjutnya baca di sini Kecelakaan Truk Gandeng, Contraflow Diberlakukan di Tol Cipali

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, kepadatan kerap terjadi saat malam hari di Pelabuhan Merak.

Kondisi itu berbeda saat siang hari hari yang cenderung tidak terlalu padat. Sehingga, dirasa perlu strategi khusus untuk mengatasi permasalahan ini.

Oleh sebab itu, Menhub meminta adanya persebaran pergerakan penumpang lebih merata ke siang hari. Agar arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni lancar.

Untuk persebaran pergerakan penumpang lebih merata, Budi merekomendasikan hal ini Urai Kepadatan Pelabuhan Merak saat Malam Hari, Ini Rekomendasi Menhub

Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah siap dilewati pemudik Lebaran 2022.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian usai menjajal Pansela Jawa di Jateng dan DIY dengan kendaraan roda dua pada Senin (25/04/2022).

Dia mengatakan, dari titik masuk Jateng bagian timur sampai ke Kota Yogyakarta sudah tidak ada masalah.

Namun, dari Yogyakarta sampai Gunung Kidul masih ada beberapa lokasi yang sedang berlangsung pekerjaan konstruksi.

Informasi mengenaikan kondisi Jalan Pansela bisa Anda baca selengkapnya di sini Menilik Kondisi Jalan Pansela di Jateng dan DIY Jelang Mudik Lebaran

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com