Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini Diberlakukan Contraflow di Tol Japek, Ini Titik Lokasinya

Kompas.com - 27/04/2022, 09:10 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk terapkan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada Rabu (27/4/2022) pukul 07.36 WIB berdasarkan diskresi Kepolisian.

Melansir siaran pers yang diterima Kompas.com, contraflow diberlakukan mulai dari Km 47 di daerah Karawang sampai dengan gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Km 70.

Untuk mendukung kegiatan ini, Jasa Marga mengoperasikan total 18 gardu tol di GT Cikampek Utama, dari kondisi normal 15 gardu tol.

Hal tersebut termasuk penambahan 3 gardu tol reversible arah Trans Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Jasa Marga turut mengimbau seluruh pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima.

Baca juga: Kapolri dan Tiga Menteri Cek Kesiapan Rest Area KM 57A Tol Japek

Selain kondisi kendaraan, pengendara juga harus menyiapkan kecukupan saldo uang elektronik atau e-toll dan bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

Tak lupa masyarakat turut diimbau untuk membawa bekal dari rumah guna menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Adapun hal yang tak kalah penting adalah untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu lalu lintas (lalin) serta mengikuti arahan petugas di lapangan.

Untuk diketahui, Tol Japek juga telah menerapkan rekayasa lalin ganjil genap (gage) sejak sejak Senin (25/4/2022) di Tol Japek Km 47 sampai dengan GT Cikampek Utama Tol Japek Km 70.

Adapun penerapan rekayasa ganjil genap tersebut akan dilakukan sampai dengan hari ini.

Baca juga: Pelebaran Lajur Tol Japek Rampung, Siap Dimanfaatkan Pemudik

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Rest Area KM 57 A pada Selasa (26/4/2022) pukul 13.17 WIB, situasi arus lalin Tol Japek masih dalam kondisi normal, baik arah Jakarta maupun Cikampek.

Uji coba gage di Tol Japek pada hari ke dua tersebut berlangsung di KM 47 sampai ke GT Palimanan Utama Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com