Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Siapkan Lima Posko Pengamanan Arus Mudik Lebaran, Ini Lokasinya

Kompas.com - 16/04/2022, 10:33 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan posko pengamanan dan pelayanan arus mudik Lebaran di lima titik perbatasan wilayah mulai 25 April 2022.

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan posko mudik di Prambanan, Sleman akan mendapat perhatian lebih banyak karena diperkirakan menjadi pintu masuk kendaraan terpadat dari berbagai wilayah.

"Karena (Posko Prambanan) itu kan bukan dari tol. Kalau kebanyakan masuk itu kan pasti dari situ, Boyolali, Kartasura, itu masuk DIY ya cukup banyak," kata Dwipanti seperti dikutip Antaranews, Sabtu (16/04/2022). 

Baca juga: Mudik Aman dan Nyaman, Catat 71 Rest Area di Jalan Tol Trans-Jawa

Selain di Prambanan, menurut Made, empat posko pelayanan dan keamanan lainnya bakal didirikan di Pathuk, Gunung Kidul; Babarsari, Sleman; serta di dua terminal tipe B di wilayah DIY.

Ia berharap melalui lima posko itu, Pemda DIY bersama kepolisian mampu menjaga kelancaran arus kendaraan atau mengurai kepadatan lalu lintas selama momentum Lebaran 2022.

Selanjutnya, Dishub DIY juga bakal menggelar patroli serta pemberlakuan jam pembatasan khusus untuk angkutan non-esensial di beberapa ruas, termasuk Prambanan yang menjadi perbatasan wilayah Sleman dan Klaten, Jawa Tengah.

"Ketika nanti (pembatasan) tidak berlaku, mereka (angkutan non-esensial) boleh kemudian beroperasi," ujarnya. 

Memasuki musim mudik Lebaran mendatang, ia memprediksi volume kendaraan yang memasuki wilayah DIY bakal meningkat sekitar 19 persen hingga 20 persen dibandingkan Lebaran 2019 seiring peniadaan larangan masyarakat untuk mudik di masa pandemi.

Para pemudik, menurut Made, diperkirakan mulai berdatangan setelah 20 April hingga mencapai puncaknya 28 April 2022 malam atau sehari sebelum libur cuti bersama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com