Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mal Tunjungan Plaza Tetap Buka Usai Kebarakan

Kompas.com - 14/04/2022, 18:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur tetap dibuka pada Kamis, (12/04/2022) atau sehari setelah kebakaran terjadi di area Tunjungan Plaza (TP) 5.

"Tunjungan Plaza buka seperti biasa, kecuali TP 5," kata Direktur Marketing Pakuwon Group Sutandi Purnomosidi selaku pengelola Tunjungan Plaza (TP) seperti dikutip Antaranews, Kamis (14/04/2022). 

Menurutnya, pada Kamis siang, para pekerja sudah melakukan aktivitas sebagaimana biasa di mal yang berada di pusat Kota Pahlawan tersebut. Pengunjungnya juga cukup ramai.

Hanya, Sutandi menjelaskan bahwa TP 5 untuk sementara ditutup karena pengelola harus memperbaiki bagian gedung yang terdampak kebakaran dan kepolisian harus melakukan olah tempat kejadian perkara kebakaran.

Baca juga: Tunjungan Plaza, Mal yang Dikunjungi 26 Juta Orang Per Tahun

"Terkait hasil identifikasi penyebab kebakaran, kami menyerahkan kepada yang berwenang, dalam hal ini Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya dan kepolisian," tuturnya. 

Sebelumnya, bagian gedung Tunjungan Plaza 5 yang berlokasi di Jalan Embong Malang, Kota Surabaya, terbakar pada Rabu (13/4) pukul 17.35 WIB.

Kebakaran yang terjadi pada saat ramai pengunjung tersebut untungnya tidak sampai menimbulkan korban jiwa. 

Diketahui, Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, Jawa Timur merupakan mal terbesar kedua di Indonesia. Kompleks TP terdiri dari TP 1 sampai dengan TP 6. 

Mal seluas 175.000 meter persegi atau 17,5 hektar hasil pengembangan Pakuwon Group ini berlokasi di Jalan Embong Surabaya.

Dengan luas belasan hektar, mal yang telah beroperasi sejak tahun 1986 tersebut mampu menampung sebanyak 600 toko atau tenant.

Pusat perbelanjaan ini merupakan rumah bagi banyak brand internasional, seperti Hugo Boss, Tory Burch, Omega, Pelatih, Michael Kors, Aigner dan Under Armour.

Sedangkan beberapa penyewa jangkar yang diketahui, meliputi Matahari Departement Store, Sogo, Informa, Uniqlo, H&M, Cinema XXI dan IMAX, ACE Hardware, Hero Supermarket dan lainnya.

Tersedia pula berbagai pilihan santapan lokal hingga internasional, termasuk Toby's Estate, Mr. Fox, Liberica, Pasarame, Seigo dan Djournal Coffee.

Seiring berjalannya waktu, merek-merek ternama lain juga beriringan mengisi toko-toko yang disediakan di TP.

Andai kata pengunjung merasa kelelahan setelah mengelilingi di TP dan ingin melanjutkannya esok hari, pengunjung bisa menginap di Hotel Four Point dan Hotel Sheraton yang sudah memiliki jalur integrasi dari TP.

Lewat segala kelengkapan tersebut, tak heran jika jumlah pengunjung TP bisa mencapai 150.000 orang-200.00 orang setiap hari atau sekitar 26 juta pengunjung per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com