Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Lampu Penerangan Jalan Berwarna Kuning?

Kompas.com - 12/04/2022, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu infrastruktur utama yang dibutuhkan oleh pengendara pada malam hari adalah lampu penerangan jalan umum (PJU).

Tanpa PJU, keselamatan pengendara akan terancam karena tidak dapat melihat arah dan marka jalan dengan jelas.

Namun, pernahkah terpikir kenapa lampu penerangan jalan berwarna kuning dan bukankah lebih baik jika berwarna putih?

Rupanya, tujuan penggunaan lampu kuning di jalan adalah agar tidak menyilaukan pandangan pengendara yang lewat, mengutip akun Twitter Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) @KemenPU, Selasa (12/4/2022).

Selain itu, cahaya lampu kuning mampu menembus kabut tebal serta hujan yang lebat.

Baca juga: Apa Bedanya Lampu LED dan Lampu Pijar?

Dengan demikian, pengendara masih dapat melihat arah jalan dengan jelas di tengah kabut dan hujan.

Sementara secara ilmiah, lampu memancarkan cahaya kuning karena lampu melepaskan gas uap sodium, melansir Larson Electronics.

Terdapat dua jenis lampu uap sodium, yaitu tekanan tinggi (HPS) dan tekanan rendah (LPS) yang biasanya digunakan pada JPU karena lebih hemat energi.

Lampu sodium dipilih sebagai PJU karena mereka hanya menghasilkan cahaya pada frekuensi yang terlihat oleh mata manusia.

Sedangkan bola lampu, seperti pijar menciptakan cahaya di semua frekuensi, dari inframerah hingga UV. Pencahayaan spektrum penuh ini pada dasarnya membuang-buang daya.

Baca juga: Lampu Pijar Warna Kuning Cocok Digunakan di Kamar Tidur, Ini Alasannya

Lampu sodium bertekanan rendah mengeluarkan cahaya kuning karena hanya menghasilkan satu panjang gelombang cahaya kuning dan menimbulkan keluaran cahaya yang kurang intens.

Sementara lampu sodium bertekanan tinggi banyak digunakan dalam pabrik, tempat parkir, area keamanan dan beberapa lampu jalan.

Jenis cahaya uap sodium ini menghasilkan spektrum cahaya yang lebih luas daripada versi tekanan rendah, membuatnya lebih cerah dan kurang berwarna oranye.

Lampu sodium bertekanan tinggi masih mengeluarkan cahaya kekuningan, tetapi merkuri di dalam cahaya membantu mengimbangi cahaya kuning itu dengan sedikit emisi warna putih atau biru muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com