Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut G20, Hutama Karya Siapkan Sejumlah Infrastruktur

Kompas.com - 12/04/2022, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah pergelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada bulan November 2022 mendatang.

Sebagai upaya untuk mendukung kegiatan tersebut, PT Hutama Karya (Persero) tengah menyiapkan sejumlah infrastruktur di jalan tol yang dikelola.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, Hutama Karya telah menerapkan Building Information Modelling (BIM).

Salah satunya adalah penerapan BIM di Jalan Tol Ruas Serbelawan-Pematang Siantar yang dilakukan secara end-to-end serta langkah awal menuju digital twins melalui data streamline dari fase perencanaan, desain, konstruksi dan operasional.

Adapun implementasi teknologi digital proyek tersebut dilakukan pada seluruh life cycle proyek.

Baca juga: Ini Biaya E-Toll yang Harus Anda Rogoh Saat Mudik dari Jakarta-Palembang via Tol Trans-Sumatera

"Hutama Karya berkomitmen untuk konsisten menerapkan dan mengimplementasikan BIM pada proses bisnis dan proyek-proyek yang dijalankannya. Dengan demikian, implementasi BIM dapat membantu optimalisasi setiap proyek yang digarap oleh Hutama Karya," jelas Tjahjo.

Selain itu, penerapan BIM juga terintegrasi dengan aspek manajemen proyek, meliputi proyek bangunan gedung, bangunan air, jalan dan jembatan hingga engineering, procurement, construction (EPC).

Infrastruktur lain yang juga digunakan adalah kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Untuk diketahui, ruas tersebut adalah jalan tol pertama yang menerapkan tilang elektronik di Indonesia.

Melalui tilang elektronik tersebut, kendaraan yang melaju dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam akan langsung ditilang oleh petugas setempat.

Baca juga: Hutama Karya Bantah Tol JORR S Ditutup oleh Demonstran

"Tilang elektonik ini juga menjadi komitmen Hutama Karya dalam menekan kecelakaan di jalan tol," tambah Tjahjo.

Lebih lanjut, Hutama Karya juga menerapkan Intelligent Traffic System (ITS) untuk mendeteksi kondisi lalu lintas secara real time dan menyampaikan langsung kepada pengguna tol, weight in motion (WIM) dan pengembangan aplikasi HK Toll Apps.

Menurut Tjahjo, infrastruktur yang dibangun oleh Hutama Karya menjadi komitmen pembangunan pasca-pandemi.

Tak hanya itu, dukungan infrastruktur tersebut juga mendukung pemulihan ekonomi menjadi lebih cepat, sesuai tagline G20 tahun ini yakni Recover Together, Recover Stronger.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com