Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Water Heater Ini Diklaim Aman dan Hemat Energi

Kompas.com - 23/03/2022, 08:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ariston diklaim sebagai brand water heater yang memiliki tingkat keamanan tinggi dan hemat energi.

Trainer Product Ariston Achmad Fachryatna mengatakan salah satu aspek keamanan water heater Ariston yaitu perangkatnya yang telah dilindungi oleh Earth-Leakage Circuit Breaker (ELCB) sebagai alat pendeteksi arus bocor listrik.

"Produk kami dijamin keamanannya, karena dilindungi oleh ELCB sebagai alat pendeteksi arus bocor," kata Fachry saat ditemui Kompas.com dalam acara IndoBuildTech 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Selasa (22/03/2022).

Baca juga: Pemanas Air Rancangan Christian Sugiono, Tak Sekadar Pelengkap Kamar Mandi

Fachry menjelaskan, jika terjadi korsleting listrik, ELCB akan bekerja secara otomatis memutus aliran arus listrik.

"Misal ada korsleting listrik, ELCB ini akan langsung memutus aliran listrik sehingga tidak menyebar ke shower air dan kegiatan mandi pun akan tetap aman," ujarnya.

Selanjutnya, produk ini juga dilengkapi dengan safety thermostat sebagai pelindung dari overheating dan dry heating pada unit.

"Cara kerjanya, ketika alat atau unit water heater-nya bekerja dengan panas yang sangat tinggi maka teknologi akan otomatis membuat dingin alat tersebut sehingga tidak membahayakan ketika dipakai," ucap dia.

Fachry menuturkan, terdapat beragam jenis produk water heater  yang ditawarkan.

Mulai dari kapasitas 10 liter, 30 liter bahkan hingga 300 liter yang tentunya dapat disesuaikan dengan seberapa besar daya listrik yang digunakan di rumah.

"Kapasitas 10 liter bisa dipakai untuk daya listrk 150 watt saja. Tapi untuk kapasitas yang lebih tinggi bisa mencapai 350 watt hingga 800 watt juga ada," ucap dia.

Setiap jenis water heater memiliki teknologi yang berbeda-beda namun dengan kualitas, standar keamanan yang sama.

Pemanas air gas contohnya, meski tak menggunakan arus listrik, tetap aman digunakan karena memiliki tiga prosedur proteksi yang diterapkan.

Pertama, pemasangan water heater gas dipasang di kamar mandi yang memiliki ventilasi udara.

Kedua, tabung gas harus diletakkan di luar kamar mandi dan ketiga, unit water heater-nya telah memiliki thermostat yang dapat menjaga suhu ketika terjadi pemanasan di atas 80 derajat secara otomatis air panas tidak akan keluar.

Selain itu, terdapat jenis water heater lain seperti water heater elektrik dan smart water heater yang bisa dioperasikan dari jarak jauh menggunakan aplikasi di handphone.

"Apalagi pakai smart water heater itu jauh lebih canggih lagi, karena bisa dioperasikan dari mana pun dan kapan pun melalui aplikasi," imbuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com