Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaet Anteraja, Rinso Fasilitasi Pengiriman Pilah Sampah Plastik Gratis

Kompas.com - 15/03/2022, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Unilever Indonesia Tbk melalui Rinso bekerja sama dengan Anteraja dalam memfasilitasi pengiriman sampah plastik yang sudah dipilah masyarakat ke Bank Sampah terdekat secara gratis.

Head of Fabric Care Unilever Indonesia Erfan Hidayat mengatakan, layanan antar jemput ini mencakup berbagai daerah di Indonesia.

"Oleh karena itu, di Rinso, kami benar-benar berkomitmen untuk terus melakukan upaya-upaya pilah plastik yang mana sekarang sudah kita ubah nih, dari yang Berani Kotor Itu Baik jadi Berani Kotor Demi Kebaikan," ujar Erfan dalam webinar, Selasa (15/3/2022).

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Rinso adalah dengan mengurangi penggunaan plastik selama tiga tahun terakhir selama 17 persen.

Erfan menjelaskan, setiap kemasan botol deterjen cair Rinso telah terbuat dari plastik daur ulang.

Baca juga: Smart Drop Box, Inovasi Digital Unilever Kumpulkan Sampah Plastik

"Tahun lalu pun kita juga sudah meluncurkan kemasan plastik pouch pertama kali di Indonesia, bahkan mungkin di dunia yang menggunakan plastik daur ulang juga," tambah Erfan.

Dalam memilah sampah plastik, produsen deterjen tersebut mengeklaim akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menggalakkan refill stations (stasiun isi ulang) mulai dari hulu.

Erfan mengatakan, penanganan sampah plastik tak sebatas dari hulu, melainkan tengah hingga ke hilir melalui kerja sama dengan konsumen dan masyarakat luas.

"Maka dari itu, hari ini, kami di Rinso ingin mengajak teman-teman untuk menjadi yang kita sebut #GenerasiPilahPlastik yaitu generasi yang lebih peduli lingkungan dan tempat bermain anak kita," lanjutnya.

Melalui #GenerasiPilahPlastik, Rinso mengajak masyarakat dimulai dari langkah sederhana dengan memilah sampah plastik di rumah yang dampaknya dinilai luar biasa terhadap lingkungan.

Namun, sampah plastik yang sudah dipilah oleh masyarakat tersebut harus didaur ulang ke Bank Sampah melalui Anteraja.

Erfan memastikan, setiap sampah plastik yang sudah dipilah lalu dikirimkan melalui Anteraja tidak akan dipungut biaya maupun syarat apapun.

"Kita nggak akan pungut biaya apapun, kita nggak akan berikan syarat apapun. Ini benar-benar inisiatif kami membantu ciptakan habit (kebiasaan) pilah sampah dan pastikan sampah itu terdaur ulang," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com