Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah Sendiri atau Pakai Jasa Pindahan, Mana yang Lebih Efektif?

Kompas.com - 15/03/2022, 14:38 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Moving.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Pindah rumah merupakan sebuah proses yang membutuhkan waktu dan tenaga sehingga perlu perencanaan yang matang.

Ada dua opsi yang bisa Anda pilih saat hendak berpindah rumah yakni melakukannya sendiri atau menyewa jasa pindahan.

Ketika memutuskan untuk pindah rumah sendiri, maka Anda bisa memegang kendali penuh pada seluruh proses perpindahan yang diinginkan.

Baca juga: Pindah Rumah di Perkotaan, Siap-siap Hadapi 6 Masalah Berikut Ini

Mulai dari memilih angkutan dan barang-barang yang akan dipindahakan hingga memastikan tak ada barang yang rusak dalam perjalanan.

Anda juga bisa mengatur cara pemuatan barang dalam truk sehingga tidak perlu khawatir tentang pemindahan kotak dan perabotan yang bukan tempatnya.

Waktu pindahan pun lebih fleksibel sehingga bisa menyesuaikan dengan jadwal yang Anda miliki. Ini akan sangat membantu bila tiba-tiba ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

Opsi ini merupakan pilihan yang tepat bila Anda memiliki anggaran yang terbatas. Meskipun jarak pindah rumah dekat, namun biaya yang dikeluarkan untuk menyewa perusahaan pindahan cukup tinggi.

Namun, jika menyewa truk untuk pindahan saja, Anda bisa menghemat banyak dana dan mengalihkannya untuk pos biaya lain.

Sayangnya, salah satu kelemahan bila memutuskan untuk pindah rumah sendiri adalah Anda harus menyiapkan tenaga untuk mengangkat barang-barang berat.

Baca juga: Anda Mau Pindah Rumah Kontrakan? Bayarkan Dulu Semua Tagihan

Masalah ini bisa teratasi bila Anda memiliki kerabat atau teman. Namun biasanya mencocokan waktu luang banyak orang cukup sulit dilakukan. Terlebih bila mereka tinggal jauh dari lokasi rumah Anda.

Selain itu, Anda harus membutuhkan perencanaan yang matang bila ingin memindahkan barang-barang ke rumah baru. Mulai dari logistik, dana, hingga mana barang yang akan masuk pertama dan terakhir.

Bila menyewa jasa pindahan, Anda tak perlu lagi membuang tenaga untuk mengangkat barang berat dan berpikir tentang pengaturan barang dalam truk.

Memang biaya yang harus Anda keluarkan cukup mahal, namun Anda ttdak perlu khwatir tentang otot yang sakit atau sibuk meminta bantuan ke kerabat.

Fokus bisa sepenuhnya Anda alihkan untuk mengawasi anak-anak, hewan peliharaan atau bersantai sambil mengawasi jalannya pindahan.

Mekipun demikian, menyerahkan barang-barang berharga Anda ke tangan orang asing perlu diperhatikan. Karena itu, kemas sendiri barang berharga serta perhiasan Anda dan bawalah itu sendiri.

Untuk menghindari penipuan, sangat direkomendasikan untuk memilih perusahaan penyewaan yang memiliki reputasi baik dari masyarakat.

Siapkan dana penyewaan jasa pindahan rumah sejak jauh-jauh hari agar tak lagi pusing dengan biaya saat hari pindahan tiba. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com