Konstruksi Tol Cibitung-Cilincing Dikebut, Dana Pengadaan Tanah Direvisi

Kompas.com - 25/01/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendukung percepatan konstruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing, akan diadakan revisi alokasi dana pengadaan tanah Tahun Anggaran 2021.

Realokasi dana pengadaan tanah tersebut berasal dari Pembayaran Langsung (PL) menjadi Dana Talangan Tanah (DTT) Badan Usaha.

Langkah ini diambil untuk mendukung percepatan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN), seperti yang tercantum dalam Permenko Nomor 7 Tahun 2021.

Baca juga: Dana Pengadaan Tanah Tol Cibitung-Cilincing Perlu Direalokasi

Kemenko Perekonomian melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mendukung adanya revisi alokasi dana pengadaan tanah untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Jalan tol ini merupakan bagian jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 1 (Jakarta Outer Ring Road/ JORR 1) yang telah beroperasi serta Jakarta Outer Ring Road 2 yang masih dalam proses konstruksi.

Saat ini, progress pelaksanaan pengadaan tanah Jalan Tol Cibitung-Cibinong saat ini mencapai 95,4 persen dengan target penyelesaian pada tahun 2022.

Koordinator Project Management Office (PMO) KPPIP Sektor Jalan Tol Kenwie Leonardo mengatakan, dengan memperhatikan kondisi proses pengadaan tanah di Jalan Tol Cibitung-Cilincing, maka dibutuhkan realokasi sebagian dari sisa dana PL ke alokasi DTT.

Besar dana yang akan realokasi tersebut sebesar Rp 400 miliar untuk kebutuhan penggantian Uang Ganti Kerugian (UGK) melalui konsinyasi.

“Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pembayaran tanah pada masyarakat sekitar serta untuk pembayaran Uang Ganti Kerugian untuk tanah konsinyasi,” kata Kenwie.

Jalan Tol ini akan menghubungkan sekaligus memperlancar konektivitas logistik, industri, hingga mobilitas masyarakat yang terhubung dari Cibitung hingga Cilincing dan langsung terkoneksi dengan Jaringan Tol JORR 2 lainnya.

Nantinya Tol Cibitung-Cilincing ini juga mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya.

Jalan ini juga akan tersambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dan Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.