Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Warna Pintu Depan Rumah Menurut Feng Shui

Kompas.com - 25/01/2022, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com – Sebagai area yang mewakili bagaimana energi dan peluang datang ke dalam rumah, pemberian warna pada pintu depan menjadi penting untuk diperhatikan.

Pasalnya menurut Feng Shui, meskipun tidak ada warna yang sempurna, tetapi setiap warna memiliki maknanya tersendiri.

Dilansir dari The Spruce, Senin (24/1/2022) berikut rekomendasi warna untuk pintu depan rumah berserta artinya dalam Feng Shui yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Merah

Merah dianggap sebagai warna yang paling menguntungkan dalam Feng Shui karena dianggap kuat untuk memberikan perlindungan dan transformasi energi negatif.

Baca juga: Pintu dan Jendela, Elemen Penting dari Eksterior Rumah Anda

Merah juga terhubung dengan elemen api yang mewakili kehangatan, gairah dan inspirasi.

Dalam Feng Shui, merah terkait dengan area Li atau pengakuan. Merah mampu membuat pernyataan yang berani dan bagus digunakan agar lebih diperhatikan dan mendapatkan energi postif.

Hitam

Hitam dalam Feng Shui disebut mampu menyerap, menarik dan membawa energi baik. Sehingga meskipun terkesan gelap, warna hitam bisa jadi pilihan yang tepat untuk warna pintu depan.

Berbeda dengan merah, warna hitam terhubung dengan elemen air yang mewakili kebijaksanaan, terhubung dengan jaringan sosial dan mendukung atau membangun persahabatan.

Cokelat

Dalam Feng Shui, cokelat adalah warna netral yang bersahaja dan terhubung dengan elemen tanah. Ini digunakan untuk memberi keseimbangan, kestabilan dan menjaga penghuni rumah.

Kuning

Warna kuning yang cerah mampu memberikan kesan menyenangkan untuk pintu depan rumah. Seperti cokelat, warna kuning juga terhubung dengan elemen tanah dan mewakili stabilitas dan landasan.

Hijau

Belakangan ini, warna hijau juga disebut banyak digemari oleh masyarakat sebagai warna desain interior.

Dalam Feng Shui, hijau diartikan sebagai awalan dan pertumbuhan baru. Sehingga pilihan warna ini dikatakan cocok jika ingin membawa peluang baru untuk tumbuh dan berkembang pada rumah.

Biru

Warna biru dalam Feng Shui disebut mewakili elemen kayu yang juga mendukung pertumbuhan dan awal yang baru.

Biru terhubung ke area Gen di peta Bagua Feng Shui yang melambangkan pengetahuan dan pengembangan diri.

Putih

Warna putih terhubung dengan elemen logam dalam Feng Shui yang mewakili kemurnian dan kebersihan. Artinya, warna putih mewakili presisi, komunikasi dan kegembiraan.

Abu-abu

Sama seperti warna putih, abu-abu juga terhubung dengan logam. Selain itu, abu-abu juga terkait dengan area Qian di Bagua Feng Shui.

Qian diartikan sebagai orang-orang yang membantu dan bepergian. Maksudnya adalah warna abu-abu mampu mendukung niat untuk menjadi lebih dermawan atau mendukung untuk lebih sering melakukan perjalanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com