Soal Kecelakaan Maut, KNKT Minta Pengelola Segera Perbaiki dan Jaga Kualitas Jalan Tol

Kompas.com - 11/01/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan maut kembali terjadi di jalan tol tepatnya di KM 363+800 B ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung), Jumat (7/01/2022).

Seorang pengendara mobil bernama Febi Khoirunnisa (21) meninggal setelah mengalami kecelakaan setelah menghindari jalan berlubang yang terdapat di ruas jalan tol tersebut.

Kendaraan minibus Honda Brio yang dikendarainya menabrak Median Concrete Barrier (MCB) Beton dan menyebabkan korban terpental keluar dari mobil sejauh 15 meter.

Menanggapi hal itu, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono meminta pengelola jalan tol berkomitmen dalam menjaga standar kualitas jalan.

Baca juga: Usai Kecelakaan Maut, Jalan Berlubang di Tol Kayu Agung-Palembang Diperbaiki

Menurutnya, para pengendara yang melewati jalan tol ini tidak gratis alias berbayar. Karenanya, sudah semestinya jalan yang rusak dan berlubang segera diperbaiki.

"Pengelola jalan tol harus selalu menjaga standar dan kualitas sesuai regulasi atau aturan yang berlaku. Pengguna membayar jasa jalan tol dan operator jalan tol dalam menjual jasanya harus sesuai regulasi yang berlaku," kata Soerjanto kepada Kompas.com, Senin (10/01/2022).

Menurut Soerjanto pengelola jalan tol juga wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Hal itu sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Dalam hal belum dapat dilakukan perbaikan Jalan yang rusak penyelenggara jalan wajib memberi tanda atau rambu pada jalan yang rusak untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas," bunyi Pasal 24 aturan tersebut seperi dikutip pih.kemlu.go.id, Minggu (10/01/2022).

Soerjanto menyebutkan, tanda yang diberikan pada jalan rusak yang belum dapat diperbaiki juga harus terlihat jelas terutama saat malam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.