Tol Cisumdawu Beroperasi Juni, Ridwan Kamil: Tak Ada Alasan Bandara Kertajati Sepi

Kompas.com - 11/01/2022, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan dpaat beroperasi akhir Juni 2022.

Beroperasinya tol sepanjang 60,10 kilometer ini nantinya akan terkoneksi dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

"Kalau jalan tol ini sudah tembus Kertajati, harusnya tidak ada alasan lagi Bandara Kertajati sepi. Itu karena waktu tempuh Bandung ke sana bisa 40 menit," ungkap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikutip dari Antara, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Kata Kang Emil, Tol Cisumdawu Bisa Beroperasi Akhir Juni 2022

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam mendorong percepatan pembangunan Tol Cisumdawu.

"Inilah tahun optimis, tahun 2022 ini menjadi tahun kebangkitan ekonomi kita. Karena ada dua peristiwa besar yakni salah satunya infrastruktur Cisumdawu dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) juga beres tahun ini," tegas Emil.

Emil mengatakan, jalan bebas hambatan berbayar tersebut bisa dioperasikan apabila sejumlah permasalahan seperti pembebasan lahan untuk perluasan wilayahnya telah tuntas.

Secara keseluruhan, pembangunan Tol Cisumdawu sudah di atas 90 persen dan sebagian seksi akan dibuka untuk umum pada akhir Januari 2022.

"Kemudian ada bencana sedikit longsoran-longsoran yang harus diteliti ulang desainnya. Itu sedang ditangani," ujar dia.

Kemudian, ada juga pembebasan lahan yang harus dilakukan bersifat perluasan wilayah, bukan jalur utama.

Dengan konektivitas yang semakin meningkat, maka operasional bandara akan semakin meningkat dan kompetitif. Sehingga, diharapkan bisa menggantikan Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

Kehadiran Tol Cisumdawu sekaligus mendukung pengembangan kawasan “segitiga emas” Cirebon-Subang-Majalengka (Rebana) sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan baru.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.