Kompas.com - 28/12/2021, 21:00 WIB

BANGKA, KOMPAS.com - Pusat pengelolaan limbah bahan berbahaya beracun (B3) dan non-B3 untuk Fasilitas Layanan Kesehatan resmi beroperasi di kawasan industri Tukak Sadai, Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Pabrik insinerator itu dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kepulauan Bangka Belitung setelah dilakukan serah terima oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK), Senin (27/12/2021).

Penandatanganan serah terima dilakukan Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3 KLHK, Sinta Saptarina Soemiarno dan Kepala Dinas LHK Bangka Belitung, Marwan di kantor gubernur Bangka Belitung.

Baca juga: Bangun Instalasi Air Limbah untuk 70.000 Jiwa di Makassar, Pemerintah Guyur Rp 219,55 Miliar

Prosesi serah terima ini disaksikan Wakil Gubernur Abdul Fatah, serta Direktur BUMD PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera, Saparudin.

Fatah menyebutkan, pabrik tersebut sangat penting bagi Babel yang merupakan daerah kepulauan. Sebab, banyak limbah dari fasilitas pelayanan kesehatan tidak terkelola dengan baik.

Rencana pembangunan pusat pengelolaan limbah medis itu diajukan pada Kemen-LHK sejak 23 Juni 2020.

Menurut Fatah, pertemuan hari ini sangat penting dan strategis. Masalah limbah rumah sakit yang mengkhawatirkan ini sudah dipikirkan.

"Alhamdulillah kami selalu menyuarakan ke pusat, dan terdengar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan mendirikan pabrik," ujarnya.

Wagub juga menyampaikan terima kasih kepada Kemen-LHK yang telah memprioritaskan pembangunan pabrik insinerator di Babel.

Ia pun memastikan pengelolaan dengan melibatkan BUMD PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera akan berjalan optimal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.