Bangun Instalasi Air Limbah untuk 70.000 Jiwa di Makassar, Pemerintah Guyur Rp 219,55 Miliar

Kompas.com - 11/11/2021, 17:30 WIB
Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari. Kompas.com/Suhaiela BahfeinPembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP) Kota Makassar atau disebut Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari senilai Rp 219,55 miliar.

Anggaran pembangunannya ini terdiri dari Rp 176,18 miliar dan 3,04 juta dollar AS atau setara Rp 43,37 miliar.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Ahmad Asiri mengungkapkan, pembangunan IPAL Losari diharapkan dapat meningkatkan pelayanan air limbah domestik bagi 70.000 jiwa.

"Jadi, target layanan kita Insya Allah akan 70.000 jiwa," ucap Ahmad saat press tour di Makassar, Selasa (9/11/2021).

Ahmad mengatakan, cakupan layanan tersebut untuk menyambung sekitar 14.000 sambungan rumah (SR).

Rinciannya, sebanyak 8.600 SR domestik dan 5.400 sambungan komersial dengan kapasitas air limbah sebesar 16.000 meter kubik per hari, termasuk hotel-hotel yang ada di wilayah itu.

Asal tahu saja, IPAL Losari dibangun di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, dengan luasan lahan sebesar 2,3 hektar.

Baca juga: Cegah Pencemaran di Danau Toba, Pemerintah Bangun IPAL Parapat

Sedianya ada lima kecamatan yang dilayani dari pembangunan IPAL ini yaitu Kecamatan Tamalate, Kecamatan Mariso, Kecamatan Mamajang, Kecamatan Ujung Pandang, serta Kecamatan Makassar.

Pembangunan IPAL Losari ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan air limbah domestik dengan sistem terpusat di kawasan perkotaan.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri (Permen) LHK) Nomor P.68/Menlhk/Setjen/Kum.1/8/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.