Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Desain Rumah Minimalis Sangat Populer?

Kompas.com - 24/12/2021, 11:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Elle Decor

KOMPAS.com – Pernahkan terpikir, mengapa desain rumah minimalis menjadi sangat populer dari tahun ke tahun?

Terlebih, banyak bermunculan ide dan tawaran furnitur yang mendukung konsumen untuk mendesain rumah dengan gaya ini.

Garis desain yang bersih, reduktif, rapi, monokromatik, sederhana dengan istilah less is more adalah konsep yang kerap muncul ketika berpikir mengenai desain minimalis.

Namun, apa itu desain minimalis?

Desain minimalis

Desainer Utama di B Interior Sharon Blaustein menjelaskan bahwa desain minimalis adalah tentang menjaga ruang tetap sederhana, rapi dan menonjolkan arsitektur ruang yang menarik, dilansir dari Elle Decor, Kamis (23/12/2021).

“Paletnya sebagian besar monokromatik dan warna digunakan sebagai aksen,” kata Blaustein.
Ruang desain minimalis menggabungkan denah lantai terbuka, banyak cara dan perabotan sederhana yang dibangun dengan baik dan nyaman.

Berjalan beriringan dengan kegunaan setiap barangnya, desain minimalis diciptakan untuk membuat ruang terasa lebih menenangkan, estetis dan timeless.

Alasan desain minimalis sangat populer

Pemilik Robert Brown Interior Design Robert Brown mengatakan bahwa segala hal yang ada pada desain minimalis harus fungsional dan memberi nilai tambah pada ruangan.

“Minimalis memungkinkan sesuatu selain ruang menjadi fokus, Misalnya, orang-orang di ruang atau pemandangan dari jendela mungkin lebih penting daripada dekorasi ruangan,” jelas Brown.

Contoh lainnya adalah kondominium minimalis yang dirancang oleh Brown dengan memberikan tujuan pada setiap penggunaan perabotan.

Seperti kursi untuk diduduki dengan nyaman, meja untuk minum dan jendela yang tersembunyi untuk memberikan pemandangan bagi penghuninya.

Sejalan dengan penjelas tersebut, pemilik Annette Frommer Interior Design Annette Frommer memaparkan bahwa manusia tidak membutuhkan begitu banyak barang karena mereka dapat hidup di ruang manapun dengan barang yang lebih sedikit.

“Berapa banyak sofa yang sebenarnya kita butuhkan? Berapa banyak kursi? Pada kenyataannya, kita membutuhkan fungsionalitas dan kepraktisan yang berpadu tanpa hiasan berlebihan,” jelas Frommer.

Selain itu, desain minimalis juga memberikan efek menenangkan melalui ruang yang dirancang dengan baik serta rapi.

Tantangan desain minimalis

Meski memiliki banyak manfaat, desain minimalis juga memiliki tantangan. Salah satunya adalah bagaimana membuat ruang terlihat hangat dan ramah.

Desain minimalis kerap menggunakan palet warna monokromatik yang menciptakan suasana dinamis. Sehingga perlu memadukan desain minimalis dan unsur-unsur terkait dengan tepat.

Tidak hanya itu, tantangan lain desain minimalis adalah mengetahui kapan harus berhenti mendesain atau menambah ruang.

"Sama seperti seniman yang harus berhenti di beberapa titik dan tidak menambahkan warna atau sapuan kuas, seorang desainer juga harus tahu kapan harus berhenti," pungkas Frommer.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com