Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Jalan Tikung-Sumberkerep, Bupati Lamongan Sebut Jamula Proyek Percontohan

Kompas.com - 23/12/2021, 21:30 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi sempat menyinggung program jalan mulus Lamongan (Jamula) saat meresmikan Jalan Tikung-Sumberkerep, di Desa Soko, Kecamatan Tikung, Lamongan, Jawa Timur, Kamis (23/12/2021).

Yuhronur mengatakan, Jalan Tikung-Sumberkerep harus menjadi contoh untuk pembangunan dan perbaikan jalan-jalan lain di Lamongan, yang termasuk dalam aset jalan kabupaten.

"Ini akan menjadi pilot project. Saya minta kepada Kepala Dinas PU (Pekerjaan Umum) Bina Marga Lamongan, kalau membangun jalan standarnya harus seperti ini konstruksinya," ujar Yuhronur.

Menurut dia, Jalan Tikung-Sumberkerep menjadi bagian dari perencanaan Jamula, dan tahun depan akan lebih banyak lagi yang dibangun.

Baca juga: Kemenag, BPN, dan BWI Percepat Sertifikasi Tanah Wakaf di Lamongan

Yuhronur menjelaskan, terdapat 145 ruas jalan yang termasuk dalam jalan kabupaten sepanjang 742,14 kilometer.

Dari jumlah tersebut, sepanjang 439,90 kilometer memiliki kondisi baik atau sekitar 59,27 persen.

Sementara 161,07 kilometer atau 21,70 persen kondisi sedang, sepanjang 48,28 kilometer atau 6,15 persen rusak ringan, dan sepanjang 92,89 kilometer atau 12,52 persen dalam kondisi rusak berat.

"Jamula ini merupakan program, di atas program prioritas. Akan terus ada di setiap tahunnya, kita semua bertekad agar jalan yang sekarang kondisinya rusak agar dapat diperbaiki," ucap Yuhronur.

Sementara terkait perbaikan jalan rusak, Yuhronur mengharapkan pengertian dan juga kesabaran dari masyarakat.

Hal ini karena proses pembangunan maupun perbaikan dari ruas jalan yang rusak, tidak dapat dilakukan serentak.

Pekerjaan dilakukan bertahap, tidak bisa langsung semuanya selesai 742 kilometer. Kualitas juga terus  dijaga.

"Sementara ini memang kita lakukan pembangunan ditambah dengan pemeliharaan. Target 39 ruas akan dibangun di tahun 2022, khususnya jalan yang memang benar-benar rusak parah," tutur Yuhronur.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lamongan Sujarwo menambahkan, program Jamula pada tahun 2021 ini terdapat tiga kegiatan.

Pertama peningkatan jalan ruas Tikung-Sumberkerep, Karanglembang-Gendongkulon dan Tunjungmekar-Sambopinggir.

Kedua, pemeliharaan berkala jalan kabupaten di tujuh ruas. Ketiga pemeliharaan rutin jalan sepanjang 76,37 kilometer di wilayah utara, tengah dan selatan.

Ruas jalan Tikung-Sumberkerep dengan status ruas jalan sebagai jalan kabupaten adalah 10,630 kilometer, program peningkatan jalan tahun 2021 ini sepanjang 5,5 kilometer.

"Jalan ini melintasi Desa Wonokromo, Soko, Kelolarum dan Gintungan. Konstruksi jalan, juga telah sesuai dengan standar spesifikasi umum Kementerian PUPR Dirjen Bina Marga," kata Sujarwo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com