Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Kawasan Pantai Marina Labuan Bajo, Basuki Minta Penambahan Ini

Kompas.com - 22/12/2021, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengevaluasi pengerjaan penataan kawasan Pantai Marina, Bukit Pramuka Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagaimana dikutip dari laman Kementerian PUPR, dia meminta ada tambahan penghijauan hingga tempat sampah di kawasan ruang terbuka publik yang disebut waterfront itu.

"Saya minta untuk ditambah lagi tanaman di ruang terbuka publik. Tanam pohon yang sudah besar dan cepat berkembang," ujar Menteri Basuki saat meninjau lokasi, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Pesona Labuan Bajo Bikin Marriot International Bangun Resor Kelas Dunia

Selain menekankan pentingnya penghijauan, dia juga meminta kontraktor dan konsultan untuk menambahkan prasarana untuk kebersihan.

"Tolong juga ditambah jumlah tempat sampah, khususnya di setiap titik yang ada bangku tamannya," tandasnya.

Detail dan kualitas fisik prasarana penunjang pariwisata Labuan Bajo ini juga menjadi catatan penting dalam pengerjaan. Baik dari segi teknis dan estetika.

"Untuk tim konsultan supervisi, awasi betul pekerjaannya secara detail, agar rapi hingga penyelesaian akhirnya, seperti dalam pemasangan ubin dan tangga," kata Basuki.

Mengingat penataan area wisata ini menggunakan uang negara. Sehingga harus maksimal hasil pengerjaannya agar bisa dinikmati pengunjung.

"Tolong jangan main-main karena akan dikunjungi banyak tamu, wisatawan domestik dan mancanegara," pungkas Menteri PUPR.

Di sisi lain, Basuki juga berdialog dengan warga setempat dan berpesan untuk senantiasa aktif menjaga kebersihan di sekitar kawasan tersebut.

Sebagai informasi, penataan Kawasan Marina terbagi menjadi lima zona. Meliputi Zona 1 Bukit Pramuka, Zona 2 Kampung Air, Zona 3 Dermaga, Zona 4 kawasan Pantai Marina (Inaya Bay), Zona 5 Kampung Ujung.

Saat ini progres pekerjaan penataan Kawasan Waterfront Pantai Marina di Bukit Pramuka Zona 1-2 yang dikerjakan oleh PT. Wika Gedung mencapai 99 persen.

Sedangkan progres Zona 3-5 yang dilaksanakan oleh PT. Brantas Abipraya telah mencapai 93 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com